10 Provinsi Penghasil Jagung Terbesar Di Indonesia, Apakah Provinsimu Menjadi Salah Satunya?

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Menurut Dr Ir Suwarto, M.Si, Dosen di Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian, IPB University, jagung merupakan tanaman pangan yang bisa tumbuh dibanyak daerah di Indonesia.

Sedangkan untuk jenis jagung ini, Suwarto mengatakan umumnya di Indonesia ada empat jenis jagung, yaitu jagung manis, jagung tepung, jagung ketan, dan jagung brondong.

Untuk asal-usul jagung sendiri banyak ahli yang memperkirakan bahwa tanaman ini berasal dari Negara Meksiko dan Amerika Tengah. Hal ini dibuktikan dengan petunjuk arkeologi 7000 tahun yang lalu, dimana terdapat budidaya jagung secara primitif tepatnya di Selatan Meksiko.

Kemudian penyebaran terjadi ke Asia dan Afrika melalui kegiatan bisnis orang-orang Eropa ke Amerika. Sekitar abad ke-16 orang Portugal menyebarluaskan jagung ke Asia termasuk Indonesia.

Jagung memang banyak ditanam di Indonesia, hal ini terkbukti dari beberapa provinsi yang ada dikenal sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia.

Berikut ini adalah provinsi penghasil jagung terbesar di Indonesia.

Jawa Timur

Jawa Timur menempati peringkat satu sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia. Jawa Timur memiliki luas lahan sebesar 1,19 juta hektar dan menghasilkan 5,37 ton jagung per tahunnya.

READ  Hal Sepele Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Kalimantan

Jawa Tengah

Masih berada dibagian pulau Jawa, tepatnya di Jawa Tengah yang menempati peringkat kedua sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia.

Jawa Tengah memiliki 614,3 ribu hektar lahan tanam dan mampu menghasilkan 3,18 juta ton jagung per tahun.

Lampung

Selanjutnya adalah Lampung yang memiliki luas lahan panen sebesar 474,9 ribu hektar dan mampu menghasilkan 2,83 juta ton jagung per tahun.

Sumatera Utara

Sumatera Utara memiliki luas lahan panen sebesar 350, 6 ribu hektar dan bisa menghasilkan jagung sebesar 1,83 juta ton jagung per tahunnya.

Sulawesi Selatan

Selanjutnya adalah Sulawesi Selatan yang memiliki luas panen 377,7 ribu hektar dan bisa menghasilkan 1,82 ton jagung per tahunnya.

Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat mampu menghasilkan 1,66 juta ton jagung per tahunnya. Jagung Nusa Tenggara Barat diproduksi di lahan panen dengan luas sebesar 283 ribu hektar.

Jawa Barat

Jawa Barat menempati posisi ketujuh sebagai provinsi penghasil jagung terbesar di Indonesia. Jawa Barat memiliki luas panen sebesar 206,7 hektar dan mampu menghasilkan 1,34 juta ton jagung per tahun.

Sulawesi Utara

Sulawesi Utara mampu menghasilkan jagung sebanyak 0,92 juta ton per tahun, daerah ini merupakan provinsi penghasil jagung dengan luas panen 235,5 ribu hektar.

READ  Wuling Alvez, Mobil Baru dengan Desain Stylish dan Fitur Canggih yang Ditujukan untuk Generasi Muda

Gorontalo

Gorontalo bisa menghasilkan 0,91 juta ton jagung per tahun, dengan luas panen sebesar 212,5 ribu hektar.

Sumatera Selatan

Urutan terakhir terletak di Sumatera Selatan yang memiliki luas panen 137 ribu hektar dan bisa menghasilkan jagung hingga mencapai 0,80 juta ton per tahunnya.

Nah, itulah tadi 10 provinsi penghasil jagung terbesar di Indonesia. Jadi, apakah provinsimu menjadi salah satu penghasil jagung terbesar di Indonesia?