Ternyata Hujan Punya Kandungan Yang Bermanfaat Juga Loh !

Air hujan terbentuk dari apa?

Hujan terjadi karena kuatnya pemanasan matahari di khatulistiwa. Sehingga menyebabkan penguapan yang naik secara vertikal (konveksi). Massa udara yang naik itu terus mengalami penurunan suhu sehingga terjadi pengembunan dan awan konveksi. Awan tersebut jatuh dan menjadi hujan. Hujan terjadi karena kuatnya pemanasan matahari di khatulistiwa. Sehingga menyebabkan penguapan yang naik secara vertikal (koveksi). Massa udara yang naik terus mengalami penurunan suhu sehinga terjadi pengebunan dan konveksi. Awan tersebut jatuh dan menjadi hujan. Sebagian orang akan menampung air hujan lalu menggunakannya untuk menyiram tanaman, membersihkan, mandi, hingga air minum. Lantas, apakah benar air hujan bisa diminum dan aman? Jawabannya, air hujan bisa diminum selama kualitas airnya bersih. Bahkan faktanya, banyak orang di seluruh dunia bergantung pada air hujan sebagai sumber utama air minum.

Dilansir dari the internasional water association, air hujan membawa senyawa polutan yang menguap dari laut dan terbawa oleh rintikan hujan saat turun ke bumi. Namun senyawa tersebut akan hilang dengan sendirinya apabila kita menunggu 20 menit pertama hujan turun. Tidak hanya itu, selain penghilang stres, air hujan juga baik untuk kesehatan paru-paru.

READ  Ketahui Tanda Aki Mobil Lemah, Jangan Sampai Dihiraukan

Mengenal kandungan air hujan

  1. Uap Air atau H2O
  2. Karbon
  3. Asam Nitrat
  4. Garam
  5. Asam sulfat

Hujan yang dapat digunakan untuk kesehatan salah satunya adalah air hujan yang turun di lingkungan yang bersih, sehingga massa pengotor di dalam air hujan pun sedikit. Sebaliknya, jika hujan turun di daerah yang lingkungannya tidak bersih, akan terdapat massa pengotor di dalamnya. Pengecekan pH air hujan bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kondisi kebersihan lingkungan sekitar Anda. Studi menunjukkan bahwa air hujan dapat diminum jika dikumpulkan dengan peralatan bersih yang benar, disaring dengan cara yang benar, dan air hujan tersebut jatuh langsung dari langit tanpa melewati perantara.

Air hujan yang bersih memiliki manfaat untuk kesehatan

  1. Mengobati masalah pencernaan

Tahukah Anda, pada pagi hari sebelum mengonsumsi apapun, Anda bisa coba meminum dua atau tiga sendok makan air hujan. Cara ini akan membantu menetralkan asam lambung dan membantu menenangkan dinding lambung.

  1. Mengandung pH alkaline

Air hujan sangat murni dan memiliki pH yang sama dengan air suling dan air reverse osmosis atau RO. Air hujan yang mengandung pH alkali baik untuk kesehatan, karena meningkatkan detoksifikasi serta membuat sistem pencernaan sehat. Sama halnya dengan air alkali, air hujan membuat pH darah tubuh Anda dinetralkan dan membantu tubuh kita bekerja lebih efektif.

  1. Tidak mengandung flourida dan klorin
READ  Mengenal Kamera 360 : Tips Memilih dan Merk Rekomended

Jika Anda terbiasa menggunakan air ledeng, dalam kandungan air ledeng terdapat klorin dan flourida yang berasal dari tanah. Kedua zat ini berbahaya dan menganggu tubuh seperti sakit kepala, gastritis, dan lama kelamaan dapat merusak organ. Jika Anda menggunakan air hujan murni dan bersih, sudah tentu tidak mengandung flourida dan klorin.

  1. Menyehatkan kulit

Uniknya, air hujan juga dapat membantu membuat kulit terlihat awet muda dan cantik. Ternyata pH basa dalam air hujan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu elastisitas kulit.

  1. Menyehatkan rambut

Tidak hanya membuat kulit Anda sehat, mencuci rambut dengan air hujan dinilai baik untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Saat mencuci rambut dengan air hujan, pH basa membantu pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih kuat.

  1. Anti kanker

pH basa di dalam air hujan dapat membantu menyingkirkan sel kanker. Air hujan dinilai sebagai penetral yang baik untuk darah serta sel-sel tubuh. Inilah alasan mengapa air hujan disebut sebagai antioksidan. Penderita kanker dianjurkan untuk meminum air hujan murni pada musim hujan pertama, dalam jumlah yang banyak karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jika air hujan tidak tersedia di daerah Anda, Anda juga dapat menggunakan mata air.

  1. Menghilangkan stres
READ  The Power of Self-Help: Strategies for Personal Growth and Development

Pernahkah Anda bermain hujan-hujanan pada waktu kecil? Rasanya memang menyenangkan. Air hujan yang digunakan untuk mandi memang membuat pikiran lebih tenang, ini cocok bagi Anda yang penat dengan pekerjaan yang melelahkan.

Manfaat hujan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya sangat lah banyak. Hal tersebut yang menjadikan hujan sangat penting bagi kita semua, meskipun terkadang kehadirannya sedikit tidak diharapkan ketika Anda sedang melakukan proyek lapangan atau kegiatan lain yang membutuhkan cuaca cerah. Walaupun demikian, penting bagi kita untuk bersyukur akan hujan.