Menu Tutup

5 Alasan Kenapa Kucing Takut Air

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara dan sangat terkenal di dunia. Tentunya anggapan tentang kucing yang takut dengan air sudah sangat umum diketahui. Tetapi sebenarnya tidak semua kucing membenci air lo. Ada beberapa kucing yang justru menyukai air bahkan suka berenang.

Beberapa jenis kucing yang memang tidak takut air adalah Begals, Maine Coon, dan kucing Savannah. Kemudian ada kucing yang terkenal sebagai kucing perenang yang cukup handal, yaitu Manx, Japanese, dan American Bobtail.

Menurut para ahli ada hal yang mendasari mengapa kucing tidak menyukai air. Salah satunya karena spesies tersebut berevolusi di iklim kering dan tidak terjangkau ke sungai atau danau.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kucing takut air. Yuk, simak penjelasannya.

Air Dapat Menghilangkan Aroma Badan

Alasan pertama kucing takut air adalah karena bisa menghilangkan aroma tubuhnya. Kucing dapat mencium aroma bahan kimir di dalam air yang tidak dapat dirasakan oleh manusia.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Applied Animal Behavior Science dan mengungkapkan, bahwa kucing memiliki hidung yang lebih sensitif dibandingkan manusia bahkan anjing.

Hidung kucing memiliki tiga jenis reseptor aroma yang berbeda, salah satunya adalah VC1. VC1 diyakini mengontrol kemampuan mereka untuk membedakan aroma. Manusia hanya memiliki dua varian protein, anjing memiliki sembilan, sedangkan kucing memiliki tiga puluh.

READ  Susah BAB? Kenali Konstipasi: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan yang Tepat

Air mengandung bahan kimia dan zat terlarut yang dapat ditangkap oleh hidung kucing yang sensitive. Karena itu, kucing cenderung menghindari air karena mereka tidak ingin terkontaminasi dengan bau yang tidak perlu.

Air Membuat Bulu Kucing Menjadi Berat

Bulu kucing akan terasa berat jika berbulu panjang. Jika kucing berenang atau kehujanan maka air akan meresap dibulunya dan menambah berat bulunya. Beratnya bulu pada kucing akan membuat mereka kurang lincah dalam bergerak.

Pengalaman Buruk Tentang Air

Ketakutan kucing terhadap air bisa dipicu pemgalaman masa lalu yang negatif dengan air. Hal yang bisa membuatnya trauma, misalnya menyemprotkan air kepada kucing sebagai bentuk hukuman atau memaksa kucing untuk mandi.

Kedinginan

Terutama pada kucing shorthair (berbulu pendek), air akan jadi lebih mudah menembus bulu hingga menyentuh kulit. Sehingga suhu tubuhnya berkurang banyak dan membuat kucing tidak nyaman.

Memiliki Lubang Telinga Yang Dalam

Kucing memiliki lubang telinga yang dalam karena itulah jika ada benda yang masuk ke telinga kucing, termasuk air akan sulit untuk dikeluarkan. Karena itu kucing sangat menjaga telinganya agar tidak kemasukan air.

 

 

 

Related Posts