5 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Air putih tak hanya berperan untuk menghilangkan rasa haus saja. Namun, memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Karena itulah sangat penting untuk minum air agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi dengan baik dan bisa menghindari risiko gangguan kesehatan.

Menurut penelitian, tubuh manusia bisa bertahan berminggu-minggu tanpa makanan, namun tubuh hanya bisa bertahan beberapa hari tanpa air. Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris merekomendasikan konsumsi minimal 6-8 gelas air setiap harinya, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kandungan Nutrisi Air Putih

Air putih atau air mineral mengandung sejumlah senyawa nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, yaitu:

  • Magnesium
  • Kalsium
  • Bikarbonat
  • Natrium
  • Sulfat
  • Mineral
  • Fluorida

Kandungan pada air putih ini bervariasi, karena tergantung dari mana asal air putih tersebut. Pada air keran juga mengandung mineral, namun nutrisi sehatnya tidak sebaik air mineral yang dijual kemasan karena telah ada standar gizi dari dokter atau ahli kesehatan.

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh.

Mencegah Dehidrasi

Menjaga asupan cairan dalam tubuh penting untuk kesehatan guna mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Walaupun nampak ringan kekurangan cairan akan berdampak pada gangguan fungsi ginjal, kejang, bahkan syok yang bisa membahayakan nyawa.

READ  Kasus KDRT Di Indonesia Masih Tinggi

Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi air putih dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh untuk membakar lemak dan membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Dan ini tentunya akan berdampak pada penurunan berat badan.

Terjaganya Konsentrasi

Kekurangan cairan pada tubuh akan menyebabkan terganggunya fungsi otak, terutama kemampuan untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam suatu hal. Ini tentunya akan sangat berdampak pada aktivitas sehari-hari anda.  Karena itulah dianjurkan untuk rutin minum air, sehingga otak dapat berfungsi secara optimal.

Mencegah Batu Ginjal

Minum air putih yang cukup dapat mencegah timbulnya batu ginjal. Hal ini karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal, misalnya asam urat.

Mencegah Sakit Kepala

Jika dehidrasi, bisa memicu sakit kepala dan migran pada sebagian orang. Penelitian telah menunjukkan sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi. Misalnya, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 393 orang, ditemukan 40% partisipan mengalami sakit kepala akibat dehidrasi.

Penelitian lain menyebutkan minum air putih dapat membantu mengurangi sakit kepala dan gejala sakit kepala.