5 Ras Anjing Terbesar Di Dunia, Sampai Ada Yang Memecahkan Rekor Lho!

Anjing merupakan hewan yang paling banyak dijadikan peliharaan. Hewan satu ini memang terkenal akan kecerdasan dan kesetiaan terhadap majikannya, maka tak heran anjing banyak dipelihara oleh orang-orang.

Hewan satu ini memang hadir dari berbagai bentuk, warna, dan  ukuran yang berbeda-beda. Beberapa ras anjing memiliki ukuran tubuh besar melebihi ukuran normal anjing pada umumnya. Dari sekian banyak jenis anjing,  berikut ini adalah ras anjing yang memiliki ukuran terbesar di dunia.

Great Dane

Great dane merupakan hasil perkawinan silang antara mastiff dengan anjing serigala Irlandia. Anjing ini memang dikenal menjadi salah satu ras anjing terbesar di dunia, karena memiliki tinggi badan yang luar biasa.

Rata-rata tinggi Great Dane sektar 76 cm hingga mencapai 90 cm atau lebih. Salah satu anjing great dane yang memegang rekor sebagai anjing tertinggi di dunia bernama Zeus. Dengan ukuran tinggi mencapai sekitar 111 cm. Namun, ukurannya yang besar tak sebanding dengan usianya, karena rata-rata usia anjing dengan ras Great Dane hanya mencapai 6-8 tahun.

Mastiff Inggris

Mastiff Inggris merupakan salah satu ras terbesar yang diakui oleh American Kennal Club. Dengan tinggi sekitar 76 cm dan berat badan mencapai sekitar 104 kilogram.

READ  Ulasan Lengkap Tentang Vitamin : Jenis, Manfaat, Akibat Kekurangan, dan Makanan Sumber Vitamin

Pada tahun 1989 anjing ras mastiff Inggris pernah memegang rekor sebagai anjing terberat. Walaupun anjing ini memiliki ukuran yang besar, anjing dengan ras mastiff Inggris ini dijadikan anjing keluarga karena memiliki karakter yang lembut dan santai.

Neapolitan Mastiff

Ras neapolitan mastiff berasal dari Italia Selatan dan ras anjing ini seringkali dijadikan sebagai anjing penjaga. Ras anjing ini rata-rata memiliki tinggi sekitar 78 cm dengan berat yang mencapai 68 kilogram, namun untuk ukuran betinanya sedikit lebih kecil dibandingkan jantan.

Anjing ini memang dikenal sangat pemberani dalam melindungi rumah dan keluarga, maka tak heran anjing ini sering digunakan sebagai anjing penjaga. Namun, mereka cenderung lebih pendiam dan jarang memberikan peringatan saat ada penyusup. Dan mereka cenderung mendatanginya secara langsung daripada menggonggong terlebih dahulu.

Newfoundland

Newfoundland merupakan salah satu ras yang terbesar. Walaupun mereka memiliki tubuh yang besar, namun ras newfoundland tidak dikembang biakkan seperti ras mastiff pada umumnya yang digunakan sebagai penjaga.

Ras newfoundland dibiakkan untuk membantu nelayan dengan kekuatannya yang besar sehingga bisa menarik tali berat nelayan, ras newfoundland juga merupakan perenang yang kuat.

Dogue De Bordeaux

Ras dogue de Bordeaux ini dikenal dengan beberapa julukan, yaitu mastiff Bordeaux, mastiff Prancis, dan Bordeaux yang merupakan salah satu ras paling kuno di negara tersebut. Anjing ini memiliki tinggi badan sekitaf 68 cm dan berat badan mencapai 49 kg. Anjing ini tak hanya sebagai penjaga rumah, namun mereka juga dilatih untuk menarik gerobak.

READ  Maskapai Susi Air: Sejarah, Rute Penerbangan, dan Informasi Lengkap

Anjing ini memiliki sifat lembut saat berada didalam ruangan dan sangat aktif saat berada di luar. Karena itu, anjing Bordeaux lebih cocok disebut sebagai anjing pekerja.