Menu Tutup

6 Makanan Untuk Kesehatan Mata

Wortel memang terkenal baik untuk menjaga kesehatan mata, karena mengandung vitamin A. Wortel juga diketahui tinggi kandungan seng, lutein, dan asam lemak omega-3 yang secara alami memang baik untuk kesehatan mata.

Mata manusia memanglah memiliki fungsi yang sangat penting. Oleh karena itu pentingnya untu selalu menjaga kesehatan mata. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin untuk mata.

Dengan memenuhi asupan vitamin, mata dapat melakukan tugasnya secara optimal dan terlindungi dari berbagai kerusakan dan risiko penyakit mata terkait usia, seperti katarak, degenerasi macula, dan glaukoma.

Makanan Yang Baik Untuk Mata

Tak hanya wortel saja yang baik untuk kesehatan mata, namun ada beberapa makanan lain yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin untuk kesehatan mata. Lantas, apa saja makanan tersebut? Yuk sama-sama simak ulasan dibawah ini.

Ubi Jalar

Sayuran dengan warna khas jingga atau kuning seperti ubi jalar ini mengandung kadar betakaroten yang tinggi. Senyawa alami inilah yang bisa mendukung penglihatan malam dan rendah.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Anda juga bisa mengonsumsi ubi jalar sebagai camilan sehat dengan cara direbus atau dipanggang.

READ  Parenting dengan Metode Montessori: Cara Membantu Anak Anda Mencapai Potensi Penuh Mereka 

Sayuran Hijau

Aneka sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan sawi juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk mata. Pada sayuran ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nutrisi tersebut penting untuk melindungi sel mata dari radiasi bebas penyebab berbagai penyakit mata seperti degenerasi macula.

Ikan

Aneka ikan laut nyatanya kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan mata seperti ikan tuna dan salmon. Ikan ini mengandung omega-3 yang meningkatkan penglihatan dan kesehatan retina mata serta mencegah mata kering.

Jeruk Dan Stroberi

Jeruk dan stroberi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin ini diketahui dapat mengurangi risiko oksidasi yang dapat meningkatkan risiko degenerasi macula dan katarak.

Demi mengurangi risiko tersebutm anda bisa rutin mengonsumsi buah-buahan tersebut baik secara langsung maupun sebagai campuran dalam salad buah.

Almond

Almond merupakan sumber vitamin E yang baik untuk tubuh. seperti vitamin C, kadar vitamin E dapat memperlambat degenerasi macula dan katarak terkait usia. Selain almond, kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya juga banyak mengandung vitamin E, seperti biji bunga matahari, kacang tanah, dan hazelnut.

READ  Cara Membuat Pernikahan yang Bahagia dan Harmonis: Panduan untuk Pasangan Baru 

Telur

Telur, terutama pada bagian kuningnya mengandung nutrisi yang baik untuk mata, seperti vitamin A, seng, lutein, dan zeaxanthin.

Semua nutrisi ini melindungi korneo mata, meningkatkan kesehatan retina mata dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Cara mudah untuk menuai manfaat telur adalah dengan merebusnya dan memasukkannya ke dalam makanan harian sebagai lauk.

Tidak cukup hanya memenuhi kebutuhan vitamin mata, Anda juga dapat melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan mata, seperti: memakai kacamata hitam di luar, berhenti merokok, dan membatasi waktu di depan komputer atau layar.

Related Posts