7 Rekomendasi Mainan Anak Untuk Usia 4 Tahun

Ketika anak berusia 4 tahun, kemampuan motorik dan kreativitasnya sedang mengalami perkembangan. Tentu, sebagai orang tua, kita harus cermat dalam memilih mainan yang tepat untuk tumbuh kembang si kecil.

Banyaknya mainan yang tersedia di pasaran mungkin membuat kamu bingung harus memilih yang mana. Pasalnya, tidak semua mainan bisa menunjang hal-hal di atas, terlebih untuk anak usia 4 tahun.

Mainan Apa yang Cocok Untuk Anak Berusia 4 Tahun?

Biasanya, anak berusia 4 tahun sudah cukup mandiri dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Inilah yang dapat membuat mereka memiliki imajinasi dan kreativitas ketika bermain.

Untuk itulah, kita perlu memberikan mainan edukasi anak, yang mampu mengembangkan kemampuan ekspresi, komunikasi, imajinasi, serta kreativitas.

Lalu, apa saja rekomendasi mainan anak yang bisa kita berikan untuk mereka? Simak berikut ini.

Lego

Untuk melatih kemampuan motorik dan mengembangkan imajinasi anak, kamu bisa  mengajaknya menyusun lego, yang merupakan mainan berbentuk bongkahan plastik dan dapat dipasang satu sama lain.

Dengan bermain lego, anak-anak akan berusaha untuk membedakan bentuk balok ukuran besar dan kecil.

Misalnya, untuk membangun sebuah rumah, mereka harus menyusun kepingan bongkah plastik berbagai ukuran tersebut untuk membuat tembok, pintu, sampai atap.

READ  Proses Otak Ketika Kamu Tidur

Puzzle

Bermain puzzle dapat melatih konsentrasi dan memori pada anak. Hal ini dikarenakan anak perlu menyusun kepingan-kepingan puzzle menjadi gambar yang utuh.

Untuk anak berusia 4 tahun, kamu bisa memilih puzzle berjumlah 12-16 keping. Kamu bisa memberikan puzzle dengan warna cerah, yang disertai gambar karakter kartun favoritnya agar mereka semakin senang saat bermain.

Rubik

Rubik adalah mainan 3 dimensi berbentuk kubus, yang terdiri dari bermacam warna. Kamu bisa memberikannya kepada anak untuk melatih kemampuan analisis dan kognitifnya  dengan berusaha menyatukan seluruh warna yang ada pada rubik.

Nah, untuk anak usia 4 tahun, kamu dapat memilih rubik standar berbentuk kubus dengan ukuran 3×3 sebagai permulaan.

Balok

Mainan balok biasanya memiliki berbagai pilihan bentuk dan warna, seperti segitiga, persegi, dan silinder. Mainan edukasi ini akan mengajarkan anak tentang berbagai bentuk dan warna saat bermain balok.

Nah, yntuk melatih kemampuan memecahkan masalah dan kreativitasnya, kamu bisa mengajak anak menyusun balok menjadi sebuah bangunan, seperti rumah dan kastil.

Bowling

Siapa bilang permainan bowling hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa? Anak-anak juga bisa memainkannya di rumah untuk melatih koordinasi antara mata dan tangan sekaligus berolahraga, lho.

READ  Apa Yang Terjadi Jika Laut Mengering?

Kartu Memori

Permainan kartu memori bertujuan untuk melatih daya ingat dan kemampuan visual anak dengan mengumpulkan kartu yang memiliki gambar sama.

Jadi, kamu bisa meletakkan kartu bergambar di atas meja secara tertutup. Lalu, mintalah anak untuk membuka dua kartu dalam sekali jalan. Bila kartu yang ditemukan sama, maka kartu tersebut dapat disingkirkan. Apabila berbeda, maka kartu tersebut harus ditutup kembali.

Permainan Magnet Angka dan Huruf

Mainan edukatif satu ini memakai magnet angka dan huruf. Sebagai permulaan, kamu dapat meminta anak untuk menyusun namanya menggunakan magnet huruf.

Kemudian, cobalah memintanya untuk menyusun sebuah kata dengan menggunakan kedua magnet tersebut. Dengan begitu, anak dapat mengenal karakter, nama benda, dan juga melatih kemampuan membacanya.

Itulah beberapa rekomendasi jenis mainan untuk anak-anak usia 4 tahun. Jadi, jangan pilih jenis mainan lagi ya.