Apa Jadinya Dunia Jika Uang Tiba-Tiba Menghilang?

Setiap hari, kita sering bangetkan jajan, beli barang, bayar tukang ojek atau jalan ke mal, pasti kita mash ngeluarin uang buat bayar semuanya. Pokoknya kalau punya uang enak banget rasanya apa lagi kalau udah masuk awal bulan. Tapi pernah nggak sih mikir apa jadinya kalau didunia semua uangnya lenyap, dan apa kita bisa melanjutkan hidup kita tanpa uang?

Faktanya uang itu masih ada dalam kehidupan kita, dan masih digunakan untuk membeli barang apapun kita inginkan. Eit, tunggu dulu! Jaman era sekarang sudah banyak beberapa tempat yang menerapkan sistem transaksi jual beli dengan cara via transfer seperti QRIS atau sistem scan barcode pada umummya yang masuk ke rekening orang yang dibayar. Tapi sekarang juga orang-orang lebih suka saling bertukar barang seperti masa sebelum uang ditemukan. Apakah ini memungkinkan uang akan hilang di masa depan?

Pendeknya, waktu itu manusia pernah mencoba buat ngerapin gimana rasanya masyarakat kalau nggak ada uang. Namanya, Venus Project. Itu sebab projek yang coba nerapin apapun yang bakal terjadi di masa depan. Salah satunya bikin projek yang nyoba hidup tanpa uang dengan berbagi barang lewat teknologi. Ini supaya tau, apakah uang akan berguna di masa depan? Karena sekarang aja banyak yang suka saling berbagi barang yang dipunya orang lain. Terus, ini juga didukung sama perkembangan sains dan teknologi berlaku untuk semua orang. Tapi, apakah ini memungkinkan uang bakalan hilang nantinya? Jawabannya bisa aja, karena emang sekarang orang udah mulai bosan dengan adanya uang ini. Meskipun emang berguna buat cari alat tukar yang semua orang didunia sepakat dengan itu.

READ  Hal-hal Positif Saat Kamu Menyendiri!

Tapi, singkatnya dahulu kala manusia merasa ribet kalau mau beli barang karena harus berjalan jauh banget buat temuin barang diinginkan makanya lahirlah uang. Dan, faktanya pernah dasari dari dulu manusia emang suka nukar-nukar barang sampai sekarang karena kebutuhan yang itu banyak banget. Tapi, kalau dipikir-pikir agak repot juga kalau pas tukar-tukar barang bakal susah nentuin nilai tukarnya. Karena, tidak mungkin harga satu ekor kambing ditukar sama satu kantong beras. Namun, belakangan ini akhirnya manusia kembali lagi suka berbagi barang yang kita punya. Misalnya: buku, kaset, tethering WiFi, dipping kendaraan, dan seterus-seterusnya.

Hmm, apakah itu pertanda kalau bakal kita balik ke masa-masa dulu kala? Mungkin, itu membuat kita akhirnya jadi makin udah gelana. Tapi, mungkin akan sulit juga dunia jika uang gak ada karena banyak orang berantem gara-gara susah nentuin nilai tukar barang dan suka berbuat karena nggak tahu barang itu punya siapa. Dan, pastinya hidup tidak bakalan berkembang karena ekonomi bakalan bergerak di situ-situ aja. Mungkin sangat susah untuk dibayangin kalau nantinya uang benar-benar pergi dari hidup kita.