Apa Jadinya Jika Kita Cuma Makan Sayur?

Makan sayuran, siapa yang masa kecilnya sering merasa tersiksa waktu dipaksa ngunyah tumbuh-tumbuhan? Katanya makan sayuran itu bikin kita kuat tapi apa jadinya kalau kita cuma makan yang ijo-ijo ini dong seumur hidup kita? Apa yang bakal terjadi?

Ya inilah yang kira-kira bakal kejadian setelah mulai makan sayuran doang, badan kita mungkin bakal sehat-sehat aja, malah tubuh bisa makin bertenaga dan organ pencernaan jadi lebih sehat karena kandungan seratnya sayuran. Tapi terus lanjut ke beberapa bulan kedepan (3-6 bulan) jerawat di kulit juga bisa berkurang buat sebagian orang dan dengan makan sayur-sayuran yang beragam kita bisa dijauhkan sama penyakit nyeremin (stroke, diabetes, penyakit jantung). Ya sejauh ini aman-aman saja, tapi ada dampak buruknya juga kalau ini terus kita lanjutin dan kita cuma makan sayur sepanjang masa di beberapa bulan awal badan kita mulai kekurangan vitamin yang berguna buat ngejaga gigi tulang sampai otot biar tetap sehat, dan berbulan-bulan kemudian ada vitamin ini juga yang jumlahnya ikut-ikutan nyusut (B12).

Padahal dia ini berguna buat ngejaga pembuluh darah dan sel-sel saraf biar tetap sehat dan bertahun-tahun setelahnya tubuh kita bakal terasa berbeda, bedanya tulang-tulang bisa lebih rapuh dan malah berpotensi ngalamin patah tulang dibanding mereka yang makan daging. Jadi ternyata makan sayur doang itu tidak sepenuhnya baik buat kita terus. Kalau gitu gimana sama orang yang memang sepanjang hidupnya cuma mau makan yang ijo-ijo doang? Sebenarnya emang ada caranya buat tetap sehat, caranya itu dengan ngatur pola makan dan nyeimbangin gizi apa yang kita nggak dapat dari daging dan harus diganti sama makanan yang ngasih nutrisi itu, jadi ya untuk kalian yang tertarik buat pindah haluan sebenarnya bisa aman-aman aja dan soal makan seimbang peneliti bilang faktanya manusia purba bukan cuma makan daging hasil buruan tapi juga masak rumput sampai biji-bijian buat dimakan oleh mereka, dan seiring waktu nutrisi dari sayur dan daging bikin otak berkembang, tubuh sehat dan kuat, bikin peluang bertahan hidup membesar, bayi-bayi berakhiran peradaban dimulai dan akhirnya kita ada di sini. Jadi terima kasih sayuran, sekarang kita tahu makan sayuran doang juga nggak menguntungkan kalau nggak dilengkapi sama nutrisi lainnya.

READ  Rahasia Ampuh untuk Menghilangkan Bulu di Wajah dengan Mudah!