Apa Saja Tips Mengganti Busi Motor yang Sudah Tua dengan yang Baru?

Apa Saja Tips Mengganti Busi Motor yang Sudah Tua dengan yang Baru?

Busi merupakan salah satu komponen penting pada mesin motor. Busi berfungsi sebagai penghantar api dari sistem pengapian ke ruang bakar mesin. Jika busi motor sudah tua atau rusak, maka mesin motor tidak akan bekerja dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi pengendara motor untuk tahu cara mengganti busi motor yang sudah tua dengan yang baru. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Cari Tahu Tipe dan Ukuran Busi yang Sesuai dengan Motor Anda

Cari Tahu Tipe dan Ukuran Busi yang Sesuai dengan Motor Anda
Cari Tahu Tipe dan Ukuran Busi yang Sesuai dengan Motor Anda

Setiap motor memiliki tipe dan ukuran busi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum membeli busi motor yang baru, pastikan untuk mencari tahu tipe dan ukuran busi yang sesuai dengan motor Anda. Anda bisa melihat informasi ini pada buku panduan atau bertanya langsung kepada mekanik motor.

Periksa Kondisi Busi Motor yang Lama

Sebelum mengganti busi motor yang lama dengan yang baru, pastikan untuk memeriksa kondisi busi yang lama terlebih dahulu. Perhatikan apakah busi tersebut sudah aus atau ada kerak yang menempel. Jika busi sudah aus atau ada kerak yang menempel, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Bersihkan Area sekitar Busi

Sebelum membuka busi motor yang lama, pastikan untuk membersihkan area sekitar busi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran atau partikel kecil masuk ke dalam mesin motor. Gunakan lap kering atau kuas untuk membersihkan area sekitar busi.

READ  Makna Hari Raya Tumpek Landep

Lepaskan Busi yang Lama dengan Aman

Lepaskan Busi yang Lama dengan Aman
Lepaskan Busi yang Lama dengan Aman

Untuk melepaskan busi motor yang lama, pastikan untuk melakukan dengan hati-hati dan aman. Gunakan kunci busi untuk membuka busi yang lama. Jangan memutar terlalu kuat atau terlalu longgar saat membuka busi, karena dapat merusak ulir pada mesin motor.

Pasang Busi yang Baru dengan Benar

Setelah membuka busi motor yang lama, pasang busi yang baru dengan benar. Perhatikan arah busi dan pastikan tidak terbalik. Jangan memasang busi terlalu longgar atau terlalu ketat, sesuaikan dengan ketentuan pabrik. Jangan lupa untuk memasang kembali tutup busi dengan benar.

Uji Coba Busi yang Baru

Setelah memasang busi yang baru, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu. Nyalakan mesin motor dan perhatikan apakah mesin motor berjalan dengan baik atau tidak. Jika mesin motor berjalan dengan baik, maka busi motor yang baru sudah terpasang dengan benar.

Dalam mengganti busi motor yang sudah tua dengan yang baru, pastikan untuk melakukan dengan hati-hati dan teliti. Jika Anda merasa kesulitan, sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel resmi atau ke mekanik motor terpercaya.