Apa Yang Terjadi Jika Laut Mengering?

Hai selagi nyeruput minum pas lagi di pinggir laut kita mungkin sering kebayang kalau laut itu begitu luas, planet biru ini 70 persennya air dan sebagian besarnya adalah air laut dan kalau nanya ke Google seberapa banyaknya hasilnya akan bakal butuh bermilyar-milyar miliar miliar kolam
renang buat nampung semua air laut. Mungkinkah suatu hari air laut yang sebanyak itu bisa kering?

Jawabannya ternyata bisa, tapi tenang keringnya itu gak akan secepatnya ngeringin gelas es kelapa waktu panas siang-siang. Kurang lebih butuh waktu satu sampai empat miliar tahun kedepan sampai laut itu bisa jadi kering. Tersangkanya tidak lain dan tidak bukan adalah si jago merah satu ini (Matahari) yang terus tambah panas, selain karena kecerahannya terus meningkat ukuran matahari juga menjadi jauh lebih gede dan bikin laut kita mendidih dan kering, jadi ya bisa disimpulkan ternyata masa depan itu cerah bahkan jauh lebih cerah daripada yang kita kira. Tapi itu masih jauh, apa jadinya jika laut tiba-tiba kering detik ini juga? Pasti yang bakal pertama terdampak adalah para perselancar dan nelayan, tapi selain itu dan juga tempat cari nafkah nyatanya laut itu juga punya dua fungsi super penting di kehidupan.

READ  Kesempunaan Alam Wakatobi Tempat Favorit Bagi Wisatawan Dan Tempat Terbaik Bagi Penyelam

Pertama di dalam siklus air kalau laut sampai kering tidak ada lagi penguapan yang membentuk awan hujan, makhluk hidup di daratan akan kepanasan dan kehausan. Dan bonusnya perusahaan payung dan jas hujan mungkin akan bangkrut. Lalu di fungsi kedua laut juga berperan dalam mengatur suhu bumi. Disini laut berfungsi menyerap dan ngeratain radiasi matahari, pas masuk atmosfer arus laut pengaliran air panas dan air dingin ke berbagai sudut, tanpa lautan ini teriknya matahari bakalan terfokus ke bagian tengah bumi aja membakar khatulistiwa tanpa menghangatkan area kutub, akibatnya dibeberapa tempat bakalan jadi terlalu panas sedangkan di tempat lain malah terlalu dingin dan fakta seremnya laut yang mengering ternyata pernah kejadian yaitu di tetangga kita planet Mars.

Riset menunjukan atmosfer Mars yang dirusak radiasi matahari ngebuat hampir seluruh airnya hilang ke luar angkasa atau bahkan riset lain bilang kalau air di Mars terjebak di bebatuan bawah tanah. Inilah menyebabkan Mars sekarang dikenal kering kayak gurun, padahal dulu juga pernah biru. Jadi sekarang jelas kalau kita jauh lebih butuh air laut daripada laut butuh kita, makanya generasi kita emang beruntung karena belum akan merasakan laut jadi kering. Tapi sekarang tiap lagi ngerebus air buat masak mie sadari juga bahwa akan seperti itulah laut yang kita lihat miliar tahun lagi kalau umat manusia masih bertahan.