Apa Yang Terjadi Pada Otak Orang Mabuk?

Kalau suka nonton film berantem-beranteman kalian pasti tahu kalau ada banyak jurus yang bisa dipakai, tapi ada satu jurus yang sering muncul, badan luwes, jalan sempoyongan, pukulan gak beraturan tapi malah jadi makin jago (Jurus Mabuk). Tapi emangnya apa sih yang terjadi ketika otak lagi mabuk? Apa benar bisa bikin kita jago kungfu?

Pastinya enggak, simpelnya banget saat mabuk komunikasi antara saraf di otak kita sebenarnya itu jadi terhambat, hal inilah yang nimbulin orang mabuk kelakuannya suka bikin nggak habis pikir. Tapi emangnya kenapa alkohol yang masuknya ke perut bisa lolos sampai ke otak? Jadi alkohol itu masuknya ke perut dan dihisap darah, lalu masuk ke hati, disini alkohol bakal jadi zat etanal, yang bahaya buat tubuh kita. Tapi tenang dulu, enzim ALDH bakal ngubah zat-zat tadi jadi zat yang sehat dan aman. Tapi sayangnya walaupun udah kerja keras bagai kuda, para enzim ini butuh waktu buat mengubah semua alkohol. Jadi mereka ibaratnya yang harus ngantri, tapi ada aja yang nakal dan terus kabur sampai akhirnya nyasar ke otak. Oke, terus selain bikin mabuk ngapain aja alkohol di sana?

READ  Apa Itu Crumple Zone dan Fungsinya pada Kendaraan

Jadi alkohol itu bisa bikin otak ngehasilin lebih banyak hormon dopamine yang membuat orang jadi seneng. Selain itu mereka suka ngeganggu bagian otak yang ngontrol keseimbangan badan kita, makanya orang mabok jalannya sempoyongan dan menjadi lebih pede karena alkohol mengganggu bagian otak dan mengontrol kepribadian. Tapi sebenarnya efek alkohol buat masing-masing orang bisa beda-beda, semuanya dipengaruhi sama 3 faktor ini (Usia, berat badan, jenis kelamin). Terus karena kerjaannya gangguin otak kadar alkohol yang udah berlebihan di dalam tubuh kita bisa ngebikin sistem kerja hormon dan pernapasan jadi kacau, bahkan bisa hingga menyebabkan kematian. Ya jadi sayangnya mabuj nggak bisa bikin kita jago kungfu, kalau berlebihan malah bisa nyebapin kematian dan yang paling bahaya kalau nyebapin kematian banyak orang daripada mereka mau buka alkohol untuk mabuk-mabukan mendingan kita dimabuk asmara.