Asal-Usul Alas Khetu Menjadi Objek Wisata Yang Mistis

Wisata Alas Khetu di Giriwono Wonogiri Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa giriwono, kabupaten wonogiri, provinsi jawa tengah. Alas Kethu telah menjadi ikon Wonogiri. Alas Kethu disebut-sebut sebagai salah satu tempat angker dan penuh misteri di Wonogiri. Banyak cerita mengenai penampakan makhluk astral maupun suara-suara yang muncul di hutan wilayah Giriwono tak jauh dari pusat kota Wonogiri itu.

Asal-Usul Alas Khetu

Terdapat cerita rakyat yang melatarbelakangi asal mula penamaan Alas Kethu. Kisah itu terpusat pada tokoh Raden Panji dan Ki Kesdik Wacana. Cerita bermula ketika Panji diperintahkan Raja Demak, Raden Patah, menemui Ki Kesdik untuk meminta rusa di hutan tempatnya bernaung untuk dijadikan peliharaan istana. Ki Kesdik merupakan tokoh yang digambarkan sangat sakti. setelah mencari akhirnya Panji menemukan keberadaan Ki Kesdik setelah mengetahui tujuan Panji, Ki Kesdik segera menangkap 16 rusa.

Dengan kesaktiannya, Ki Kesdik secara ajaib bisa memasukan belasan rusa tersebut ke dalam bambu petung yang ujungnya disumbat agar rusa tidak bisa melarikan diri. Ki Kesdik melakukannya agar Panji mudah membawanya pulang ke istana. Kala itu Panji tidak membawa kereta barang, sehingga tidak bisa membawa binatang itu. Sebelum pulang, Ki Kesdik berpesan agar Panji tidak membuka penyumbat bambu.

READ  Ternyata Masih Banyak Masyarakat Yang Mengeluh Kurangnya Perhatian Pemerintah

Selama perjalanan pulang Panji terusik dengan batang bambu yang dibawanya. dia curiga jangan-jangan batang bambu tidak ada isinya. Khawatir tertipu, Panji membukanya saat berhenti di sebuah hutan. Setelah penyumbat dilepas dia melihat di dalam bambu terdapat rusa-rusa kecil. Tak lama rusa-rusa itu keluar dan langsung menjadi besar lalu melarikan diri. Kemudian Panji mengejar tetapi tidak berhasil menangkap satu pun rusa. Saat mengejar rusa itu panji tidak sadar kethu atau penutup kepala tradisionalnya terjatuh.

Atas kejadian itu Panji menyesal tak mengindahkan amanat Ki Kesdik. Atas petunjuk sang pencipta, Ki Kesdik mengetahui kejadian tersebut. Lalu dia mencari Panji ke hutan-hutan, saat itu lah Ki Kesdik menemukan Kethu Panji. Saat bertemu Ki Kesdik, Panji moho ampun. Ki Kesdik lalu menghukum Panji dengan mengubah wujudnya menjadi rusa emas sebagai penghuni hutan. Hutan tempat terjadinya peristiwa itu lalu diberi nama Alas Kethu, hutan tempat ditemukannya Kethu milik Panji.

Daya Tarik Alas Khetu

Wisata Alas Khetu di Giriwono Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah giriworo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

READ  Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Air!

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Alas Khetu di Giriwono Wonogiri Jawa Tengah ini. Objek wisata alam yang berlokasi Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri dapat ditempuh melalui jalan darat sekitar 15 menit pusat kota. Seperti namanya, maka objek wisata iniu tentu saja menawarkan panorama alam berupa hutan.

Keberadaan Alas Kethu di dekat kota Wonogiri sangat penting, sebab berfungsi sebagai paru-paru kawasan. Wonogiri yang sebagian besar wilayahnya tidak terlalu subur membutuhkan hutan sebagai penyeimbang arus industrialisasi yang terus bergerak di daerah ini. Bagi warga sekitar, Alas Kethu sering dipelesetkan menjadi Alaska, merujuk sebuah negara bagian di Amerika Serikat.

Obyek Wisata Alas Kethu terletak dekat dengan jantung Kota Wonogiri dengan panorama hutan jati, mahoni dan kayu putih seluas kurang lebih 40 Ha selain sebagai tempat wisata juga sebagai paru-paru kota Wonogiri dengan tumbuhan yang besar-besar dan rindang.

Alas Kethu sangat cocok untuk shooting pembuatan film dan sinetron laga, karena dekat dengan keraton Surakarta dan Mangkunegaran, selain itu akses untuk mencapai lokasi sangat mudah untuk dijangkau. Ajak keluarga anda berkeliling santai menikmati kesejukan Alas kenthu untuk melepas penat.

READ  Kamu Masih Sering Membakar Sampah Pekarangan Rumah? Jangan Lagi Ya, Berikut Alternatifnya