Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri? Yuk Simak Informasinya

Mengenal diri sendiri merupakan usaha seseorang untuk memahami kelebihan atau kekurangan yang dimiliki dirinya sendiri. Hal ini juga dapat membantu seseorang untuk mengendalikan segala tindakan ketika berhadapan dengan orang lain atau bahkan dirinya sendiri.

Karena itulah penting untuk bisa mengenal diri kita sendiri. Namun, masih banyak diantara kita justru tidak mengenal dirinya sendiri. Menurut psikolog professional Tasha Eurich, ada tiga faktor yang membuat tingkat kepercayaan diri rendah.

Pertama, kita memiliki blind spot tertentu, yang mana saat kita menjalani hidup secara otomatis tanpa menyadari aspek-aspek lainnya. Kedua, feel-good effect yang mana akan merasa lebih Bahagia saat melihat diri sendiri sesuai dengan ekspetasi. Ketiga, Cult of Self, yaitu rasa percaya diri yang terlalu tinggi akibat popularitas media sosial.

Nah, agar kamu bisa mengetahui bagaimana cara mengenal diri sendiri, yuk simak informasinya di bawah ini.

Cara Mengenal Diri Sendiri

Berikut ini adalah beberapa cara yang lebih dalam agar kamu bisa mengenal diri kamu sendiri.

Mencari Tahu Kekurangan dan Kelebihan Kamu

Pertama adalah mencari tahu kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Rupanya, hal ini sangatlah penting untuk lebih mengenal diri kamu sendiri. Cara sederhananya cobalah untuk mulai mencatat paling tidak 5 hal yang menjadi kelebihan dan kelemahan agar kamu mengetahui batas kemampuan diri kamu.

READ  Sering Merasa Ingin Menyerah Dalam Hidup? Ini Hal Yang Perlu Kamu Tanamkan Dalam Diri Kamu!

Dengan mengetahui kelebihan yang kamu miliki ini akan membantu untuk lebih memotivasi diri untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik. Kemudian, dengan kamu mengetahui kelemahanmu ini akan membantu untuk mengevaluasi diri agar bisa keluar dani zona nyaman kamu.

Mempelajari Skill Baru

Kamu bisa juga mengenali diri kamu dengan cara mencari skill baru. Dengan memahami hal baru, ini akan membantu kamu mengubah pola fikir yang kamu miliki. Jika kamu baru pertama melakukannya, mungkin kamu akan merasakan ketidaknyamanan. Namun, lama-kelamaan kamu akan terbiasa juga.

Bersikap Jujur Pada Diri Sendiri

Saat mengenali diri sendiri artinya kita menerima berbagai perspektif yang membentuk diri, baik dari segi kepribadian, identitas, maupun keberadaan kita saat ini.

Dengan cara ini setidaknya bisa membantu kita untuk mengetahui segala kepribadaian diri, namun perlu digaris bawahi bahwa cara ini bukan untuk mengkritik diri sendiri.

Mengamati Bidang Yang Dikuasai dan Kurang Dikuasai

Cobalah kamu memulai untuk mengamati bidang apa yang kamu kuasai dan bidang yang kurang dikuasai juga. Dengan mengamati, hal ini akan membantu kita untuk mengetahui minat dan potensi diri sendiri.

Namun, perlu diingat juga untuk tidak terlalu memksakan kehendak agar bisa menguasai seluruh bidang tertentu dengan tujuan agar dipuji atau dilihat oleh orang lain.

READ  Pentingnya Motivasi Belajar Siswa