Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak

Saat ini, kita sedang berada di era digital yang perkembangannya semakin canggih, salah satunya yaitu gadget. Penggunaan gadget, tentunya dapat memudahkan siapapun untuk memperoleh informasi, menonton film, melakukan transaksi keuangan, memesan makanan, bermain game online, dan masih banyak lagi. Tetapi, jika terlalu sering menggunakan gadget tentunya akan berdampak pada kesehatan.

Di zaman serba canggih ini, hampir semua anak-anak memiliki gadget untuk mereka gunakan. Bahkan, anak-anak yang berada diera serba teknologi ini, dinilai menjadi anak yang anti sosial. Karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan menggunakan gadget, dibandingkan bermain dilingkungan sosial mereka.

Disisi lain, perkembangan teknologi yang semakin canggih memudahkan orang tua, karena gadget memiliki fitur-fitur yang mendukung untuk belajar dan bermain. Tetapi, penggunaan gadget yang berlebihan akan berdampak buruk bagi anak, karena menyebabkan kecanduan terhadap penggunaan gadget.

Mereka yang telah kecanduan dengan gadget yang dimiliki, akan merasa resah jika meninggalkannya. Selain itu, kemampuan dalam akademik yang mereka miliki juga akan menurun, karena sudah tidak memiliki minat dalam belajar lagi.

Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget

  • Anak-anak tidak akan lepas dari gadget yang dimilikinya
  • Kurangnya bersosialisasi, sehingga anak-anak tidak bermain sesuai usianya
  • Anak-anak akan semakin mudah marah atau merasa cemas jika gadget yang dimiliki tertinggal
  • Berbogong tentang waktu penggunaan gadget.
READ  Manfaat Mengajak Anak Jalan-Jalan: Mendorong Pertumbuhan dan Kesehatan Optimal

Dampak Kesehatan Pada Anak

Dampak yang terjadi bisa berupa positif jika dalam pengawasan dan sesuai porsinya, tentunya bisa juga berdampak negatif jika penggunaannya berlebihan dan tanpa pengawasan dari orang tua.

Dampak Positif

Adapun dampak positif bagi anak:

Keterampilan Motorik

Dampak kesehatan yang bersifat positif adalah dapat membantu anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halus. Dapat meningkatkan penglihatan anak dan meningkatkan rentan perhatian anak.

Pengaruh Perkembangan Emosi Anak

Dengan penggunaan gadget, tentunya memudahkan kita untuk terhubung dengan saudara yang jauh dari tempat tinggal. Karena itu, dengan kecanggihan gadget dapat membantu anak untuk terhubung dengan teman dan anggota keluarganya, sehingga akan memberikan rasa aman bagi anak.

Proses Berpikir

Proses berpikir yang dimiliki anak akan berjalan dengan baik, karena penggunaan gadget yang tepat. Proses berpikir pada anak terjadi, karena mereka terlibat dengan menonton sebuah konten dan memikirkannya dari sudut pandang yang berbeda.

Dampak Negatif

Adapun dampak negatif yang akan timbul:

Gangguan Kesehatan Mata

Jika penggunaan gadget terlalu lama maka berakibat pada kesehatan mata. Paparan sinar dari gadget tentunya berbahaya. Oleh karena itu, dapat menimbulkan kelelahan terhadap mata, penglihatan menjadi tidak jelas, dan minus mata bertambah.

READ  Mari Kita Bahas : Sistem Pencernaan pada Manusia

Gangguan Pola Tidur

Kecanduan terhadap gadget, membuat anak-anak akan terus menerus memainkannya tanpa mengenal waktu. Sehingga bisa berakibat sulit tidur, contohnya saja jika sedang bermain game online, ketika belum mendapatkan kepuasan dari permainan yang dilakukannya, mereka akan terus bermain sampai tidak menyadari bahwa tubuh juga membutuhkan istirahat.

Hal ini juga akan berdampak terhadap kefokusan. Jika mengalami kekurangan tidur, tentunya tubuh akan mengalami kelelahan dan aktivitas yang akan dilakukan anak keesokan harinya akan terganggu.

Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget

  • Memberikan batas waktu penggunaan gadget pada anak
  • Senantiasa mengawasi anak dalam penggunaan gadget
  • Mengarahkan anak untuk menonton hal positif
  • Mengajak anak untuk bermain di lingkungan sekitar.

Penggunaan gadget memanglah hal yang lumrah di zaman sekarang. Tetapi, untuk penggunaannya tentu akan memiliki dampak bagi anak yang menggunakannya, baik dari segi positif maupun negatif. Untuk mencegah dampak negatif yang terjadi, tentunya peran orang tua sangat penting dalam mengawasi penggunaan gadget.

Orang tua harus lebih mengawasi anak dalam menggunakan gadget. Dunia anak, tidak hanya seputar game online saja, tetapi masih banyak hal-hal yang harus di eksplor oleh anak-anak. Cobalah untuk tidak membiasakan anak-anak menggunakan gadget agar mereka bisa merasakan dunia anak yang sesungguhnya.