Begini Cara Kamu Membangun Kepemimpinan yang Tangguh

Begini Cara Kamu Membangun Kepemimpinan yang Tangguh

Kepemimpinan adalah cara bagaimana seorang pemimpin mengarahkan, berinteraksi, memberi perintah, arahan, dalam menggerakan tim yang dipimpinnya. Kali ini saya akan membahas bagamimana cara membangun kepemimpinan yang tangguh di masa yang penuh tantangan.

Mengembangkan Pola Pikir 

Mengembangkan mindset adalah unsur penting untuk membangun kepemimpinan yang tangguh. Ketangguhan adalah kemampuan seseorang untuk merespons tantangan secara adaptif. Mampu beradaptasi membutuhkan perubahan, dan perubahan positif mengarah pada pertumbuhan.

Cara tercepat untuk tumbuh dan menciptakan peluang baru adalah melalui kesulitan. Tanpa kesulitan, hanya akan ada sedikit pertumbuhan, dan tanpa pertumbuhan, Seseorang tidak dapat menyadari potensi yang ada pada dirinya.

Belajarlah untuk melihat setiap tantangan sebagai peluang untuk melangkah ke versi terhebat dari diri Anda. Percayalah bahwa Anda akan selalu menemukan jawabannya. Tetapi pertama-tama, Anda harus mencari hal tersebut.

Anda tidak harus mencari tahu sendiri. Manfaatkan kekuatan pikiran kolektif tim dan rekan kerja Anda.

Menerapkannya dalam Tindakan

Saat Anda merasa stres atau kewalahan oleh suatu situasi, tanyakan pada diri Anda: Bagaimana saya bisa melakukan pendekatan atau berpikir secara berbeda tentang situasi yang saya hadapi? Siapa yang akan menjadi orang ideal yang dapat saya jelajahi dengan ini?

Anda yang lebih besar selalu ada di dalamnya. Jangan melewatkan kesempatan apa pun untuk membangkitkan diri yang lebih besar itu.

Kenyataannya adalah Anda tidak harus tetap stres atau mandek. Sebuah solusi selalu ada ketika Anda menganut mindset berkembang.

Perhatian

Ilmuwan dan guru sering kali berpendapat bahwa beberapa sumber stres dan kesengsaraan disebabkan oleh merenungkan kekhawatiran kita sambil merampas masa sekarang yang kita jalani saat ini. Bila anda mengalami hal ini, saya menyarankan untuk mencoba melakukan meditasi, karena telah terbukti meningkatkan suasana hati dan kesehatan kita secara keseluruhan. 

Saya yakin Anda akrab dengan suara di dalam kepala Anda yang tidak pernah diam. Ia terus-menerus ingin menilai, mengeluh, membandingkan, dan menilai segala sesuatu sebagai baik atau buruk. Itu terus-menerus mengganggu konsentrasi, kejernihan pikiran, pengambilan keputusan, dan ketenangan pikiran Anda .

READ  Mengenal Sejarah Nasi Uduk, Makanan Tradisional Khas Betawi

Seringkali suara yang sama inilah yang mengganggu kemampuan Anda untuk menjadi pemimpin yang tangguh. Seberapa produktif dan positif Anda jika Anda bisa menjinakkan kritik batin ini?

Menerapkannya dalam Tindakan

Latihan mindfulness dan meditasi dapat membantu Anda menjinakkan kritik batin Anda. Jika Anda baru dalam praktik ini, berikut adalah dua teknik sederhana dan efektif yang dapat membantu.

Jangan Tahan Pikiran atau Perasaan Anda

Saat Anda memiliki pikiran yang membuat Anda merasa tidak nyaman, seperti merasa buruk, bersalah, rendah diri, khawatir, atau emosi negatif lainnya, hentikan dan biarkan pikiran atau perasaan itu apa adanya tanpa mencoba menolak atau menghakiminya.

Jika pengalaman Anda sama seperti pengalaman saya, Anda akan menemukan pikiran atau perasaan itu lenyap begitu saja. Jika Anda tidak langsung mendapatkan hasil ini, tetaplah menggunakannya. Berhasil.

Pastikan saja Anda menghadapi pikiran atau perasaan tersebut secara langsung tanpa perlawanan. Ketika Anda merangkul dan menerimanya, hal tersebut akan tiba-tiba menghilang.

Lakukan Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan merupakan teknik pertama untuk menyingkirkan pikiran dan perasaan buruk yang mungkin menghampirimu secara tiba-tiba. Namun, jika Anda ingin menguranginya dari waktu ke waktu, teknik berikut akan membantumu.

Temukan posisi duduk yang nyaman dimana Anda tidak akan terganggu selama lima menit. Nyalakan jam tangan pintar atau timer ponsel Anda selama lima menit. Tutup mata Anda dan tarik napas perlahan masuk dan keluar melalui hidung, fokus hanya pada pernapasan Anda.

Gunakan sistem pernapasan dimana Anda menarik napas hingga hitungan ke empat, tahan selama tujuh detik, lalu hembuskan hingga hitungan ke delapan.

Juga, pastikan Anda bernapas dari diafragma. Anda tahu bahwa Anda sedang melakukan ini saat menarik napas, perut Anda mendorong keluar dan saat menghembuskan napas, perut Anda bergerak masuk.

READ  Kesempunaan Alam Wakatobi Tempat Favorit Bagi Wisatawan Dan Tempat Terbaik Bagi Penyelam

Teknik ini memiliki dua manfaat. Pertama, Anda melatih pikiran untuk menghentikan obrolannya yang tiada henti.

Kedua, secara efektif akan memperlambat detak jantung Anda dan meningkatkan oksigen ke dalam aliran darah Anda, yang dapat bertindak seperti obat penenang ringan. Ini akan langsung menenangkan hati, pikiran, dan sistem saraf pusat Anda secara keseluruhan.

Jenis pernapasan ini membantu mengatur bagian otak Anda yang bertanggung jawab atas respons melawan, lari, dan membekukan. Melakukan latihan ini secara teratur membuat Anda cenderung tidak mengalami keadaan ini saat  sedang stres.

Mulailah dengan melakukan latihan ini dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali lagi di malam hari. Lebih mudah menjadikan ini sebagai kebiasaan jika Anda memilih waktu yang sama setiap hari seperti sesaat setelah Anda bangun dan sebelum tidur.

Juga, jika Anda menemukan hal-hal di luar kendali di siang hari, gunakan cara ini untuk mengembalikan diri Anda ke jalur yang benar.

Hiduplah di Masa Sekarang

Banyak buku yang menulis tentang hidup “saat ini”. Yang paling terkenal adalah buku The Power of Now: A Guide to Spiritual Enlightenment , oleh Eckhart Tolle.

Berada disaat ini sangat kuat karena Anda tidak terikat oleh keyakinan yang membatasi dan kegagalan masa lalu atau kekhawatiran tentang masa depan. Sebaliknya, Anda memiliki akses penuh ke kekuatan pikiran Anda saat Anda berada di saat ini.

Untuk mendemonstrasikan kekuatan berada di saat ini , pertimbangkan contoh atlet elit. Mengapa mereka bisa unggul suatu hari dan tampil buruk di hari berikutnya? Apakah keterampilan mereka tiba-tiba menghilang dalam semalam?

Bayangkan seorang pemain tenis yang akan melakukan servis bola. Mereka melihat ke atas dan melihat bahwa itu adalah titik istirahat. Pikiran dan fokus mereka tiba-tiba melompat ke masa depan dan apa yang terjadi jika mereka kehilangan arah. Itu berarti lebih sedikit energi dan fokus untuk memukul bola.

READ  Feeding Rules dan Tips MPASI bagi Bunda untuk Si Buah Hati

Namun, apa jadinya jika mereka melupakan papan skor dan memasuki momen aktual pertandingan?

Mereka melakukan ini dengan menempatkan seluruh fokus mereka pada servis bola. Mereka begitu fokus sehingga pikiran mereka bahkan mungkin mengingatkan mereka pada lawan mereka yang melakukan sedikit gerakan ke arah tertentu. Ini memungkinkan mereka untuk menyesuaikan servis mereka dan dengan mudah memenangkan poin.

Beginilah cara pemain hebat secara konsisten memenangkan pertandingan. Mereka menyadari kekuatan menempatkan pikiran mereka dan fokus pada masa sekarang. Menjadi pengamat papan skor akan selalu membawa Anda keluar dari momen “saat ini”.

Sebagai seorang pemimpin, kemampuan Anda untuk sukses terletak pada mengakses kekuatan saat ini. Ini juga berarti bahwa kebutuhan Anda akan ketahanan menjadi usang. Ini karena ketahanan adalah produk sampingan alami dari berada di massa sekarang.

Menerapkannya dalam Tindakan

Jadi, bagaimana Anda berlatih hidup di masa sekarang?

Fokus pada mengambil satu langkah pada satu waktu. Bergerak dari satu momen ke momen berikutnya, sama seperti seorang pemain tenis memfokuskan pikirannya untuk memainkan satu pukulan pada satu waktu.

Mulailah dengan mengambil tugas kecil yang Anda selesaikan hampir setiap hari seperti berkomunikasi dengan anggota tim.

Sekarang, anggaplah Anda adalah pemain tenis dan bola adalah anggota tim. Tempatkan semua fokus dan perhatian Anda pada anggota tim dan ambil langkah demi langkah.

Jika pikiran datang untuk mengalihkan perhatian Anda, lewati seperti yang telah dibahas sebelumnya. Kemudian, fokuskan kembali perhatian Anda pada anggota tim.

Semakin banyak Anda bermain dengan ini, semakin menarik jadinya. Setiap kali Anda mempraktikkan ini, Anda akan memperoleh wawasan dan kejelasan yang lebih besar karena Anda membawa Anda semua ke tugas dan bukan hanya sebagian dari diri Anda. Anda semua mencakup pikiran sadar dan pikiran bawah sadar kreatif Anda.