Cara Mengatasi Sulit Tidur

Memiliki kesulitan tidur tentunya banyak dialami oleh orang-orang. Karena itu, banyak yang mendambakan untuk bisa tidur cepat, terutama dengan beberapa orang yang memiliki kegiatan di keesokan harinya.

Berbagai cara untuk bisa merasakan tidur dengan cepat tentunya sudah dilakukan. Namun, tak kunjung terlelap ke dalam mimpi. Padahal, tubuh juga membutuhkan tidur yang cukup untuk memperbaharui seluruh hormon dalam tubuh.

Umumnya, waktu tidur perhari itu 7-8 jam, tetapi masih banyak juga yang sulit untuk cepat tidur. Sehingga, hal ini juga akan berdampak untuk merusak mood anda dalam beraktivitas keesokan harinya. Dampak lainnya yang terjadi dari kurangnya tidur, dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung, diabetes, obesitas, dan kanker. Karena itu, dibutuhkan cara untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Normalnya, manusia itu membutuhkan waktu 10-20 menit untuk dapat tertidur dengan lelap.

Penyebab Sulitnya Tidur

Apabila sudah mengalami kesulitan tidur yang lama, disarankan untuk segera memeriksakan diri anda ke dokter agar diketahui penyebab pastinya.

Berikut ini faktor yang menyebabkan terjadinya sulit tidur.

Stres

Stres merupakan respon tubuh dalam masalah kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat memengaruhi tubuh secara keseluruhan baik dari fisik, perilaku, dan emosional. Terlebih lagi jika mengalami stres berat, anda akan merasakan cemas dan gelisah sehingga mengalami sulit untuk tidur.

READ  Lima Saham “Salah Harga” Dengan Kinerja Yang Baik 2023 Perlu Di Perhatikan

Efek Dari Zat Kimia

Mengonsumsi minuman yang beralkohol serta minuman berkafein dapat menjadi penyebab kualitas tidur anda terganggu. Sehingga, hal ini berdampak pada kesehatan tubuh, yaitu akan merasa kelelahan, terlihat tidak segar, dan mengalami sakit kepala.

Cara Ampuh Tidur Nyenyak

Atur Jadwal Tidur

Cara yang pertama digunakan, cobalah untuk menjadwalkan waktu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Dengan menggunakan cara ini, bisa membiasakan tubuh untuk beristirahat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Mandi Dengan Air Hangat

Agar tubuh anda menjadi rileks setelah beraktivitas seharian, cobalah untuk mandi air hangat sebelum tidur. Dengan begitu, anda menjadi lebih cepat tertidur dengan nyenyak.

Rutin Olahraga

Dengan rutin melakukan olahraga dapat membantu anda untuk merasakan mengantuk. Cobalah untuk memulai olahraga baik dari yang ringan, sedang, hingga berat. Olahraga ini ternyata membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko anda mengalami kesulitan untuk tidur.

Jauhkan Alat Elektronik

Jika berkeinginan untuk memperbaiki pola tidur anda, sebaiknya hindari penggunaan alat elektronik sebelum anda tidur. Karena ini akan memengaruhi anda untuk merasakan tidur nyenyak.

Terdapat sinar biru dari layar gadget, seperti smarthpone, tablet, dan laptop yang dapat menekan hormon melatonin, yang merupakan hormon yang bertugas untuk meregulasi tidur. Karena itu, dengan menghindari penggunaan alat elektronik akan mempermudah untuk tidur cepat.

READ  Kenali Ciri-Ciri Kucing Rabies Yang Perlu Kamu Waspadai

Kurangi Mengonsumsi Kafein

Kafein memberikan efek stimula pada tubuh agar tetap aktif. Sehingga, anda perlu membatasi minuman yang mengandung kafein. Biasanya, kandungan kafein dapat dijumpai diproduk kopi, cokelat, soda, dan minuman berenergi.

Selain itu, tidur siang juga memengaruhi kualitas tidur anda. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi tidur siang hanya dalam waktu sekitar 30 menit saja.