Destinasi Taman Siwa Gilimanuk

Taman Siwa Gilimanuk, merupakan salah satu tempat wisata baru di kawasan penyebrangan  Pelabuhan Gilimanuk. Menjadi ikon baru kawasan Pelabuhan membuat tempat ini selalu ramai saat weekend maupun hari libur. Tak hanya itu, kawasan ini jadi rest area baru bagi mereka yang akan menyebrang dari atau ke Banyuwangi.

Mengenal Taman Siwa Gilimanuk

Taman Siwa Gilimanuk adalah salah satu tempat wisata baru di kawasan Bali Barat. Selain hari liburan nasional, saat weekend pun taman ini ramai dengan pengunjung setempat. Lain lagi pada saat Hari Raya Galungan dan Kuningan, para wisatawan dari berbagai wilayah Bali bahkan turis pun juga datang ke taman yang satu ini. Berlokasi dekat dengan pelabuhan Gilimanuk, membuat tempat ini sering menjadi persinggahan warga yang akan menyebrang dari dan ke Banyuwangi.

Daya Tarik dan Filosofi Taman Siwa Gilimanuk

Seperti namanya di Taman Siwa Gilimanuk ini memiliki  keunikan yang bisa di lihat pada Patung Mahadewa yang menjulang tinggi mencapai 22 meter. Hal ini menjadi sebuah filosofi sendiri bagi semeton yang ingin mencari suasana dan pembelajaran baru. Dewa Mahadewa sendiri di dalam ajaran Agama Hindu merupakan Dewa yang menjadi pelebur, penghancur, dan perusak atau dalam Tri Murti disebutkan sebagai Prelina. Wujud Dewa Siwa sendiri di dalam Nawa Dewa adalah penguasa dari arah tengah dan merupakan dewa dengan senjata Padma (Trisula). Umat Hindu memuja beliau di Pura Puseh Jagat.

READ  Perang Cina-Jepang: Sejarah Perselisihan Antara Dua Negara Asia

Ular yang melilit pada leher beliau di lambangkan sebagai salah satu hewan atau makhluk hidup yang di jaga oleh beliau. Dengan megahnya patung Dewa Siwa di tengah luasnya taman membuat para pengunjung tidak bisa lupa untuk mengabadikan berfoto bersama Patung Mahadewa ini. Selain di area patung, semeton tidak akan kehabisan spot foto karena seluruh area memiliki estetika yang berbeda-beda dan bisa untuk mengabadikan momen liburan.

Menikmati Keindahan Taman Siwa Gilimanuk

Seperti taman pada umumnya, Taman Siwa Gilimanuk memiliki wilayah yang membentang dengan setiap sudut yang memiliki hal yang berbeda. Semeton bisa pergi kemana pun dan bersantai tanpa ada larangan apapun. Selain itu, semeton tidak akan pernah merasa kelaparan dan kehausan karena pedagang sudah stand by untuk menyambut semeton semuanya, jangan lupakan pedagang keliling yang akan datang untuk menawarkan dagangannya.

Selain itu, karena taman ini dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk biasanya menjadi tempat beristirahat bagi orang – orang yang baru saja sampai di Tanah Pulau Dewata.

Mungkin taman ini berbeda dengan taman dan tempat wisata lain yang berada di Wilayah Bali Selatan, karena Taman Siwa Gilimanuk tergolong tempat yang tenang walau pengunjung dari masyarakat setempat. Inilah yang menjadikan Taman Siwa Gilimanuk aman untuk beristirahat dan mengundang minat pengunjung yang suka dengan ketenangan

READ  Pentingnya Pencahayaan Alami Dalam Rumah

Biasanya pengunjung akan mengunjungi Teluk Gilimanuk terlebih dahulu sebelum menuju taman ini untuk bersantai. Wahana yang di tawarkan di tempat ini adalah wisata perahu. Di tempat ini semeton akan diberikan kesempatan untuk berkeliling ke pulau – pulau kecil dengan menggunakan perahu yang di sewakan di sana, harganya pun cukup terjangkau karena berkisar 150 ribu untuk 10 orang yang naik ke perahu.

Fasilitas di taman ini pun tergolong lengkap karena ada tempat atau pusat informasi jika semeton kehilangan atau memerlukan bantuan, bangku taman yang tersedia di seluruh area taman, tempat beristirahat (gazebo), wisata menyelam, sewa perahu, serta warung. Semuanya siap menyambut semeton sekalian jika berkunjung ke sini.