Dosen UII Hilang di Norwegia, Interpol Dilibatkan untuk Mencari Keberadaannya

Dosen UII Hilang di Norwegia, Interpol Dilibatkan untuk Mencari Keberadaannya

Seorang dosen dari Universitas Islam Indonesia (UII), Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), dilaporkan hilang dan dikonfirmasi telah keluar dari Norwegia. Rektor UII, Fathul Wahid, mengatakan bahwa mereka telah melibatkan Interpol dalam pencarian keberadaan Munasir yang hilang kontak sejak tanggal 12 Februari 2023.

UII juga telah meminta bantuan dari Kementerian Luar Negeri untuk memberikan perlindungan terhadap Munasir.

Fathul mengatakan bahwa mereka telah mengirimkan surat kepada Sekretaris NCB-Interpol Indonesia untuk menerbitkan Yellow Notice dalam pencarian orang yang hilang tersebut.

Munasir dilaporkan hilang setelah mendampingi Fathul dalam kunjungan ke University of South Eastern Norway bersama dengan dua dosen lainnya pada tanggal 5-12 Februari 2023.

Setelah itu, rombongan tersebut pulang secara terpisah, dan Munasir menempuh rute Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta.

UII terus berusaha untuk menemukan Munasir melalui Tim Pusat Krisis UII Yogyakarta. Tim tersebut melakukan penggalian jejak digital dan menemukan bahwa Munasir sudah meninggalkan Oslo, Norwegia dan berada di Istanbul, Turki.

Fathul menyatakan bahwa tim UII juga menemukan bahwa AMRP terhubung ke Internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke kampus UII.

Menurut penelusuran mereka, lokasi akses dari perangkat Munasir itu terletak di sekitar Istanbul, Turki pada tanggal 12 Februari 2023 sekitar pukul 19.00-23.00 waktu setempat.

READ  Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah Selidiki Dugaan Korupsi Di Untad

Fathul mengatakan bahwa pihak Kepolisian di Oslo memastikan bahwa catatan pihak imigrasi di bandara Oslo menunjukkan bahwa Munasir sudah tidak berada di wilayah Schengen sejak tanggal 12 Februari 2023.

UII masih belum dapat memastikan apakah Munasir sudah meninggalkan Istanbul dan menuju Riyadh. Fathul mengatakan bahwa mereka telah meneruskan komunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Oslo dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Istanbul untuk berkoordinasi dalam pencarian Munasir.

Ahmad Munasir Rafie Pratama adalah seorang dosen Jurusan Informatika, Fakultas Teknik Informatika UII. Sebelum menjadi dosen UII, Munasir menimba ilmu hingga menggenggam gelar Sarjana Teknik dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dia melanjutkan pendidikan strata kedua di Monash University, Australia, dan telah mendapatkan gelar Ph.D dari Stony Brook University, New York, Amerika Serikat.

https://www.youtube.com/watch?v=jYCfdEi11t4