Fakta-Fakta Jika Kamu Berkunjung Ke Gunung Salak

Gunung salak merupakan kompleks gunung berapi yang terletak di selatan Jakarta, di pulau jawa. Kawasan rangkaian gunung ini termasuk ke dalam wilayah kabupaten sukabumi dan kabupaten bogor jawa barat.

Gunung salak ini dulunya di sebut dengan gunung sapto argo, pengelolaan kawasan hutannya ada di bawah perum perhutani kesatuan penompangan rimba (KPH) Bogor, tapi semenjak 2003 jadi daerah peluasan Taman Nasional Gunung Halimun, dan diatur sebagai Taman Nasional Gunung Halimun – Salak.

Gunung Salak berumur relatif tua sehingga mempunyai beberapa puncak. Geoposisi puncak paling tinggi gunung ini adalah 6°43′ LS dan 106°44′ BT dan diberi nama Puncak Salak I dengan ketinggian puncak 2.211 mdpl.

Banyak yang menduga asal nama “Salak” ialah dari tanaman salak. Namun sebenarnya berasal dari kata bahasa Sanskerta, Salaka yang memiliki arti “perak”.

Berikut fakta tentang Gunung Salak yang harus kamu ketahui

Gunung Berapi Aktif

Gunung Salak sampai sekarang masih terdaftar sebagai salah satunya gunung aktif di Indonesia. Semenjak tahun 1600an-1900an Gunung Salak pernah meletus sekitar tujuh (7) kali. Meletus terakhir kali di tahun 1938 berbentuk erupsi freatik di Kawah Cikuluwung Putri. Dan erupsi paling besar terjadi di tahun 1966.

READ  Pulau-Pulau Berikut ini Terbagi Menjadi 2 Negara yang Berbeda

Jalur Pendakian

Gunung Salak mempunyai tujuh puncak gunung. Salah satu yang paling tinggi namanya Puncak Salak I dengan ketinggian 2.211 mdpl dan jarang-jarang didatangi pendaki atau wisatawan karena banyak yang menyebutkan angker.

Di samping itu, medan atau treknya sangat susah dilewati. Untuk para pendaki yang tertarik untuk bisa mencapai puncak, ada empat (4) pilihan jalur pendakian.

ada 4 jalur pendakian menuju puncak Gunung Salak

  1. Jalur pendakian Gunung Salak melalui Ajisaka dengan perjalanan 140 menit
  2. Jalur pendakian Gunung Salak via Cidahu waktu perjalanan 90 menit
  3. Jalur pendakian Gunung Salak via Pasar Rengit lama perjalanan sekitar 70 menit
  4. Jalur pendakian Gunung Salak via Cimelati dengan lama perjalanan sekitar 120 menit.
  1. Terdapat Banyak Curug

Walau banyak yang mengatakan kalau Gunung Salak itu angker, tapi daya tarik alam khususnya curugnya mempunyai keindahan yang sangat luar biasa.

Beberapa curug yang berada di Gunung Salak adalah

  1. Curug Cigamea.
  2. Curug Seribu
  3. Curug Bersembunyi
  4. Curug Pangeran
  5. Curug Nangka
  6. Curug Mulia

Bukan hanya itu saja, di sepanjang perjalanan dari curug satu ke curug yang lain, para pendaki dan atau wisatawan yang berkunjung akan disuguhi panorama hutan-hutan yang asri.

READ  Tradisi Unik Desa Trunyan Menarik Perhatian Wisatawan

Apa Gunung Salak Angker?

Gunung Salak sering dikatakan dan dijuluki sebagai gunung terangker di Jawa Barat. Ini karena banyaknya jumlah pendaki yang  hilang dan meninggal saat mendaki menuju puncak. Bahkan juga menurut masyarakat setempat, banyak kejadian mistis yang terjadi pada tempat itu.

Di samping itu, banyak warga yang yakin kalau ada penjaga makhluk gaib di lereng Gunung Salak. Makhluk itu berbentuk Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi, seorang raja terpopuler sepanjang masa.