Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kulitmu Mudah Keriput

Memiliki kulit yang sehat, cerah, dan bebas keriput merupakan dambaan banyak orang. Namun, sayangnya banyak orang yang sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari akan merusak kesehatan kulitnya.

Sebenarnya, kebiasaan apa saja sih yang dapat merusak kesehatan kulit? Yuk simak informasinya agar kamu tidak salah langkah lagi untuk melakukan kebiasaan ini.

Pola Makan Yang Tidak Sehat

Untuk mendapatkan kulit yang sehat kamu perlu menjaga pola makan kamu nih. Karena, pola makan yang tinggi akan gla, makanan olahan, dan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan keriputan.

Gula bisa merusakn kolagen dalam kulit, sedangkan makanan lemak berlemak jenuh dapat mengganggu aliran darah. Jadi, untuk kamu yang ingin memiliki kulit sehat harus mempertimbangkan lagi untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat yah.

Jadi, kamu bisa untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah, ikan, kacang-kacangan, dan makanan lainnya yang mengandung nutrisi penting untuk kulit.

Tidak Menggunakan Sunscreen

Selanjutnya adalah tidak menggunakan sunscreen yang dapat memicu keriputan lebih cepat pada kulit. Paparan sinar UV dari matahari merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penuaan dini pada kulit.

Tidak menggunakan sunscreen dapat merusakan lapisan luar kulit yang diakibatkan oleh sinar UVB yang mana kulit akan merasa terbakar dan terkelupas. Sedangkan, sinar UVA lebih dalam masuk ke kulit dan merusak kolagen serta elastin yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit

READ  Engaging Kinesthetic Learners in the Classroom

Tidak adanya perlindungan dari sunscreen akan membuat kulit berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari, seperti munculnya garis-garis halus, bitnik-bintik penuaan, dan keriput. Karena itulah, penggunaan sunscreen dengan SPF yang sesuai diperlukan sebelum melakukan aktivitas diluar rumah

Kurang Tidur

Jadi, siapa nih diantara kamu yang masih kurang tidur? Padahal tidur itu sangat penting lo untuk kesehatan kulitmu.

Jika kamu ingin memiliki kulit yang sehat maka dibutuhkan tidur yang cukup pada malam hari, karena saat malam hari kulit kamu akan meregenerasi sel-selnya secara alami.

Menggosok Area Mata

Kamu sering menggosok area mata atau menguceknya?

Hati-hati, karena kebiasaan ini bisa membuat kulit mudah keriput. Pada area mat aini sangatlah sensitif serta mudah memecah kolagen. Jika sering menggosok mata, maka semakin besar kemungkinan kulit mengalami keriput.

Stres

Stres merupakan musuh bagi kulit. Karena, ketika kamu merasa stres tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat merusak kolagen dalam kulit sehingga mengakibatkan peningkatan garis-garis halus dan keriputan.

Karena itu, untuk mencegah keriputan di wajah cobalah untuk memulai mengelola stress dengan melakukan aktivitas relaksasi, seperti yoga,meditasi, atau olahraga.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat kulit kamu mengalami keriputan. Setelah mengetahui informasi ini, semoga kamu bisa mengurangi kebiasaan tersebut ya.