Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Tidur Siang, Banyak Manfaatnya Loh!

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat Tidur Siang

Adalah menemukan waktu untuk tidur siang walau sebentar menawarkan banyak manfaat bagi tubuh anda. Tidur siang yang singkat dapat meningkatkan kinerja Anda, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik. Kunci utama untuk tidur siang adalah dengan mempersingkat waktu tidur siang 10 hingga 20 menit sehingga Anda tidak masuk terlalu jauh ke dalam siklus tidur, yang sebenarnya dapat membuat Anda merasa pening dan lebih lelah dari sebelumnya.

Perbedaan Tidur Siang dan Tidur Panjang

Saat Anda tidur siang selama 10 hingga 20 menit, Anda memasuki tahap pertama dan terkadang tahap kedua dari tidur cukup untuk menyegarkan Anda dan mendapatkan manfaat dari tidur siang anda yang singkat. 

Selama benar-benar tidur, tubuh Anda memiliki kesempatan untuk menyelesaikan kelima tahap siklus tidur, yang bagi sebagian besar orang dewasa yang sehat hal ini berulang setiap 90 hingga 110 menit.

Saat Anda tidur lebih nyenyak, otak Anda menjadi kurang responsif terhadap rangsangan eksternal, membuatnya lebih sulit untuk bangun dan meningkatkan kemungkinan pening dan kelelahan.

Manfaat tidur siang yang sehat

Manfaat kesehatan dari tidur siang telah dibuktikan secara ilmiah. Berikut adalah manfaat tidur siang singkat untuk Anda.

Peningkatan kinerja

Pada berbagai penelitian menemukan bahwa tidur siang antara 10 hingga 30 menit dapat meningkatkan kinerja dan membuat Anda lebih produktif di tempat kerja. Tidur siang terbukti meningkatkan:

  • kecepatan psikomotor
  • waktu reaksi
  • kewaspadaan

Meningkatkan kemampuan belajar

Berdasarkan berbagai penelitian, tidur siang dapat meningkatkan keterampilan belajar Anda. Tidur siang tidak hanya meningkatkan fokus dan ingatan Anda, yang dapat membantu Anda mempelajari dan menyimpan informasi, tetapi penelitian juga menemukan bahwa kemampuan untuk mempelajari informasi baru ditingkatkan segera setelah tidur siang.

READ  Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Air!

Manfaat tidur siang pada pembelajaran dimulai sejak dini. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa tidur siang meningkatkan pembelajaran kata pada bayi.

Menurunkan tekanan darah

Penelitian baru menunjukkan bahwa tidur siang dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Hasil penelitian yang dipresentasikan pada  2019 menunjukkan bahwa tidur tengah hari tampaknya sama efektifnya dalam menurunkan tingkat tekanan darah seperti halnya perubahan gaya hidup lainnya, seperti mengurangi konsumsi garam dan alkohol.

Studi tersebut menemukan bahwa rata-rata, tidur siang menurunkan tekanan darah sebesar 5 mm Hg. Ini juga sebanding dengan minum obat tekanan darah dosis rendah, yang biasanya menurunkan tekanan darah 5 sampai 7 mm Hg. Sebagai catatan penurunan tekanan darah 2 mm Hg dapat mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 10 persen.

Suasana hati yang lebih baik

Terlelap di siang hari dapat meningkatkan suasana hati Anda. Tidur siang  meningkatkan tingkat energi dan membantu Anda mengatasi kelesuhan pada sore hari setelah beraktivitas. Hal ini juga dikaitkan dengan peningkatan kepositifan dan toleransi yang lebih baik terhadap frustrasi dan stres. 

Tidur siang sebentar juga dapat membantu Anda mengurangi rasa lelah dan mudah tersinggung, jika Anda tidak mendapatkan tiduryang nyenyak pada malam harinya.

Efek samping dari tidur siang

Meskipun tidur siang telah terbukti menawarkan banyak manfaat kesehatan, tidur siang dapat menghasilkan efek samping dan bahkan memiliki konsekuensi negatif bagi kesehatan Anda jika waktunya tidak tepat atau jika Anda memiliki kondisi tertentu yang mendasarinya.

Tidur siang yang melebihi 20 menit dapat meningkatkan inersia tidur, yang membuat Anda merasa pening dan linglung. Ini terjadi ketika Anda bangun dari tidur nyenyak. Jika Anda  kurang tidur, gejala inersia tidur cenderung lebih parah dan berlangsung lebih lama.

READ  Is Social Media Damaging Our Mental Health?

Tidur siang terlalu lama atau terlalu larut dapat mempersulit Anda untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Ini bahkan lebih buruk bagi penderita insomnia yang sudah sulit tidur di malam hari.

Tidur siang yang lebih lama juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang jauh lebih tinggi dan semua penyebab kematian, menurut meta-analisis 2015 menunjukkan bahwa tidur siang lebih dari 60 menit dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kematian yang lebih tinggi dari semua penyebab dibandingkan dengan tidak tidur siang. Usia, kesehatan secara keseluruhan, dan kebiasaan tidur mungkin berpengaruh pada hal ini. 

Berapa lama seharusnya tidur siang?

Idealnya tidur siang berlangsung sekitar 10 hingga 20 menit dapat membuat Anda merasa lebih waspada dan segar. Lebih dari itu, terutama lebih dari 30 menit, kemungkinan akan membuat Anda merasa lesu, pening, dan lebih lelah daripada sebelum Anda memejamkan mata.

Pengecualian untuk ini adalah jika Anda kurang tidur pada malam hari  dan waktu siang menjadi kemewahan untuk dapat tidur siang cukup lama guna menyelesaikan siklus tidur penuh, yaitu setidaknya 90 menit.

Kapan waktu terbaik untuk tidur siang?

Waktu terbaik untuk tidur siang bergantung pada faktor individu seperti jadwal tidur dan usia Anda. Bagi kebanyakan orang, tidur siang lebih awal adalah cara terbaik untuk pergi. Tidur siang setelah jam 3 sore dapat mengganggu tidur malam hari.

Berapa lama sebaiknya tidur siang untuk orang dewasa dan anak-anak?

Anak-anak dan orang dewasa memiliki kebutuhan tidur yang berbeda dan ini terus berubah sepanjang hidup kita. Mencari tahu berapa lama tidur siang akan tergantung pada berapa banyak tidur yang Anda butuhkan per malam dan berapa banyak waktu tidur anda pada malam hari.

READ  Mengenal Sejarah Motor Vespa di Indonesia Dari Tahun Ke Tahun

Pada anak-anak, rekomendasi waktu tidur siang bervariasi sesuai usia sebagai berikut:

  • 0 hingga 6 bulan: dua atau tiga kali tidur siang selama 30 menit hingga 2 jam setiap hari
  • 6 hingga 12 bulan: dua kali tidur siang, selama 20 menit hingga beberapa jam
  • 1 hingga 3 tahun: tidur siang selama 1 hingga 3 jam
  • 3 hingga 5 tahun: tidur siang selama 1 atau 2 jam
  • 5 hingga 12 tahun: tidak perlu tidur siang. jika mendapatkan waktu tidur 10 atau 11 jam yang direkomendasikan per malam

orang dewasa yang sehat tidak perlu tidur siang, tetapi dapat memperoleh manfaat dari tidur siang selama 10 hingga 20 menit, atau 90 hingga 120 menit saat kurang tidur. Ada beberapa bukti bahwa orang dewasa yang lebih tua dapat memperoleh manfaat dari tidur siang selama satu jam di sore hari.

Apa yang terjadi pada tubuh Anda dengan terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat memiliki efek negatif dan keduanya dapat menjadi indikator masalah bagi tubuh anda. Tidur terlalu banyak dapat membuat Anda merasa pening setelah bangun. Tidur berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah kondisi, termasuk:

  • penyakit jantung
  • obesitas
  • diabetes tipe 2
  • kematian dini

terlalu sedikit tidur juga dapat menimbulkan sejumlah efek negatif pada kesehatan Anda. Kurang tidur menyebabkan kantuk di siang hari dan gampang marah, seerta dapat memengaruhi kinerja Anda.

Efek lain dari kurang tidur meliputi:

  • berat badan
  • peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi
  • dorongan seks rendah
  • peningkatan risiko kecelakaan
  • gangguan memori
  • kesulitan berkonsentrasi