Ini Loh Bahaya jamur dari tanaman dalam ruangan: apa masalahnya?

Ini Loh Bahaya jamur dari tanaman dalam ruangan: apa masalahnya?

Tanaman dalam ruangan meningkatkan kelembapan di dalam ruangan dan jika terlalu tinggi kelembapannya jamur akan mudah tumbuh. Tetapi apakah benar hal ini sepenuhnya karena tanaman bila dinding terserang jamur?

Tanaman dalam ruangan tidak hanya terlihat apik, tetapi juga meningkatkan kesejukan dalam ruangan . Tanaman mengubah CO2 menjadi oksigen, mengikat polutan dan sebagian besar juga berfungsi sebagai pelembab udara. Menurut NDR , sekitar 90 persen air dilepaskan kembali ke lingkungan melalui daun, yang meningkatkan kelembapan ruangan hingga lima persen.

Ini bagus saat udaranya kering, tapi bagaimana jika suhu dalam ruangan sudah sangat lembab tanpa tanaman? Dalam kasus terburuk, dapatkah tanaman dalam ruangan menyebabkan tumbuhnya jamur pada bangunan?

Tanaman dalam ruangan hanyalah salah satu faktor kelembapan di antara banyak faktor lainnya

Menurut Rita Maria  “Tanaman dalam ruangan adalah salah satu dari banyak sumber kelembapan lain di dalam rumah. Bergantung pada ukuran ruangan dan perabotan serta jumlah penghuni rumah. Jumlah tanaman juga dapat menyebabkan polusi kelembapan, faktor lainnya disebabkan oleh hewan peliharaan, akuarium atau air mancur dalam ruangan.”

Oleh karena itu, tanaman hias jelas merupakan faktor yang dapat berkontribusi pada perkembangan jamur dalam keadaan tertentu. Namun, tanaman bukan merupakan faktor tunggal, “Itu tergantung pada jumlah total kelembapan per hari dan apakah diberi ventilasi yang cukup”. Jika berventilasi dengan baik , maka tanaman dalam ruangan tidak akan mempengaruhi suhu dalam ruangan.

READ  Fakta Menarik Uang Kertas

Namun, ketika kusen jendela ditutupi dengan tanaman, ventilasi seringkali terlalu sedikit. Bisa menjadi faktor yang meningkatkan kelembapan di dalam ruangan dan dengan demikian jamur dapat berkembang dan merusak dinding ruangan.”

Jika ingin lebih pasti, sebaiknya gunakan hygrometer. Ini memungkinkan kelembaban diukur dengan tepat. Jika kelembapan secara permanen di atas 60 persen, hal ini berarti dapat beresiko tumbuhnya jamur pada dinding ruangan. Maka Anda perlu mengambil tindakan untuk menguranginya. Seringkali, cukup dengan memastikan ventilasi secara teratur dan menyeluruh. Jika itu tidak berhasil, mungkin bisa dengan cara menghilangkan sumber kelembapan, seperti menghilangkan tanaman dari dalam ruangan.

Bisakah tanah pot yang berjamur menyebar ke dinding ruangan?

Jamur tidak hanya bisa berkembang di dinding. Tanah pot sendiri juga rentan terhadap serangan jamur dalam keadaan tertentu. Namun, kecil kemungkinan jamur di pot bunga akan menyebar ke dinding.

Jika dinding kering, tidak akan ada jamur yang terbentuk. Meskipun konsentrasi spora mungkin meningkat karena jamur di tanah pot . Namun demikian, tanah pot yang dipenuhi jamur harus diganti karena dapat menyebabkan reaksi alergi atau memperburuk asma. Untuk menghindari jamur pada atau di dalam pot tanah, harus memperhatikan kondisi pot agar tidak terjadi genangan air saat menyiram tanaman.

READ  Makna Dari Upacara Ngaben Dan Prosesi Panjang Dalam Ngaben

Tanaman yang cocok dalam ruangan dengan kelembapan tinggi

Jika Anda ingin menghindari jamur dari tanaman dalam ruangan, tetapi tetap ingin melihat tanaman hijau di rumah Anda, Anda memiliki sejumlah pilihan. Karena tidak semua tanaman meningkatkan kelembapan dengan cara yang sama. Jika kelembapan ruangan Anda cenderung terlalu tinggi, sebaiknya pilih spesies yang tidak perlu banyak disiram, seperti kaktus, sukulen dan lidah buaya.