Ini Tips Agar Kamu Pandai Mengatur Keuangan

Ini Tips Agar Kamu Pintar Mengatur Keuangan

Pandai mengatur keuangan adalah suatu hal yang mesti dimiliki setiap orang. Ada satu hal yang lebih sulit dilakukan daripada menghasilkan uang yaitu mempertahankannya. Apakah kamu tipe orang yang bekerja keras atau bekerja cerdas untuk menghasilkan uang sebagian orang mungkin sulit untuk mengatur keuangan tidak masalah seberapa banyak uang yang dihasilkan. 

Terkadang kita yang masih memiliki penghasilan berlebih masih tidak tahu bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik apalagi di era saat ini banyak berbagai kebutuhan lifestyle yang masing-masing orang bisa saja berbeda-beda. 

Jika kamu ingin memiliki tujuan dalam jangka panjang maka kamu juga harus mulai belajar mengelola keuangan dan setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk mengelola keuangannya.

Berikut adalah tips agar kamu pandai mengatur keuanganmu :

Kebutuhan dan keinginan

Tanda pertama kalau kamu sukses mengatur keuangan adalah kamu tahu membedakan mana kebutuhan dan keinginan kamu. Jauh lebih bijak dalam mengelola setiap penghasilan yang diperoleh kamu selalu mengutamakan kebutuhan karena sifatnya wajib tidak bisa ditunda seperti keinginan. Contohnya antara makan dan membeli baju baru pasti kamu memprioritaskan kebutuhan makan yang harus terpenuhi. 

Tidak mengganti barang yang belum rusak 

Orang yang pandai mengatur uang hanya membelanjakan uangnya ketika mereka benar-benar butuh kamu tidak tergoda untuk membeli barang keluaran terbaru meskipun kamu dikelilingi oleh orang-orang dengan lifestyle yang tinggi dan meskipun selalu menyenangkan untuk berbelanja secara royal dan memanjakan diri kamu bisa mengontrol hal tersebut tanpa pikiran yang terbebani untuk mengikuti trend tersebut. 

READ  The Nutritional Value of Bananas: A Comprehensive Guide

Contoh yang paling signifikan adalah handphone yang selalu terupgrade kamu tetap setia dengan handphone lama-mu yang masih sangat layak kamu menggunakan untuk kebutuhan dalam berkomunikasi. 

Memiliki anggaran 

Anggaran atau rencana keuangan adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis sehingga hal-hal yang kamu rencanakan ditunjang oleh kebijakan-kebijakan yang dibantu dengan perencanaan perencanaan yang matang. Hal ini membantu kamu untuk lebih bijak menggunakan uang yang kamu miliki sehingga kamu akan mudah dalam mengambil keputusan untuk mengeluarkan uang. 

Memiliki tujuan jangka panjang 

Bagaimana dirimu 5 tahun dari sekarang, jika kamu bisa menjawab bahwa hanya sedikit kekhawatiran yang kamu rasakan karena merasa sudah menyiapkan jaminan masa depan agar tidak perlu kekurangan uang maka ini indikator kamu tidak punya masalah keuangan bukan hanya menerima gaji bulanan. 

Kamu juga memikirkan cara lain menghasilkan uang saat ini entah dengan memulai bisnis atau menjadi seorang freelancer yang tentunya membuatku lebih matang untuk tujuan akhir yang telah kamu siapkan. 

Membeli barang yang kamu inginkan 

Ketika ingin beli baju sepatu baru atau jalan-jalan kamu bisa melakukannya tanpa beban atau khawatir bangkrut di akhir bulan karena kamu tahu kamu sudah memperhitungkan banyak hal sebelum membeli sesuatu. Tak hanya memikirkan kebutuhan rumah sekolah dan lainnya. Jika kamu memang sudah cerdas mengatur keuangan pasti kamu juga akan mengelokasikan uang kamu untuk liburan atau biaya hiburan seperti berbelanja meskipun ini bukan sesuatu hal yang dibutuhkan untuk bertahan hidup, tetapi akan membantu hidupmu lebih berharga karena kamu juga merasa puas bisa menyisihkan pemasukan untuk bersenang-senang apalagi hal ini juga akan berdampak positif dalam hidupmu

READ  Cara Membangun Komitmen, Konsisten dan Sukses!

Kredit dengan bijak 

Berbagai cara dilakukan untuk memanfaatkan kredit dalam meningkatkan kekayaan dan tahu ada banyak peluang untuk menumbuhkan kekayaanmu melalui kredit tetapi ini adalah keadaan khusus dimana barang yang kamu beli secara kredit terus mendapatkan nilai yang lebih ketika membayarnya ini biasanya terjadi untuk investasi jangka panjang dan kamu memiliki budget untuk itu. Namun, perlu diketahui tidak semua benda atau hal yang kamu inginkan harus dibeli secara kredit ya kamu juga perlu memikirkan hal ini secara matang karena jika kamu menggunakan kredit kamu telah mempertimbangkan menghitung bunga yang harus kamu bayar. 

Berbelanja sesuai kebutuhan 

Kebutuhan pribadi perlu dipenuhi demi kelangsungan hidup sehari-hari berbagai kebutuhan primer seperti bahan pangan menjadi prioritas kamu. Alhasil kamu menghindari kebiasaan menggunakan paylater atau pinjaman online yang sekarang ini sedang trend dengan ini kamu pun telah menghindari untuk mempunyai hutang. 

Memiliki lebih dari satu pemasukan 

Memiliki lebih dari satu sumber pemasukan dapat membantu seseorang dalam mengelola keuangannya dengan lebih baik, dengan demikian jika salah satu sumber pemasukan tersebut terganggu atau terhenti. Seseorang masih memiliki sumber pemasukan yang lain yang dapat membantu memenuhi kebutuhan keuangannya. Selain itu, dengan memiliki lebih dari satu sumber pemasukan seseorang dapat meningkatkan pendapatannya secara keseluruhan sehingga kamu memiliki lebih banyak dana untuk dikelola dan diinvestasikan.

READ  Fakta-Fakta Bersejarah Sebagai Penghormatan Ki Barak Panji Sakti

Memiliki dana tabungan darurat 

Orang yang pintar dengan uang memiliki saraf baja karena mereka mampu mempertahankan dana tabungan darurat ini adalah prestasi tersendiri bagi kamu karena memiliki uang yang selalu tersedia dan tidak membelanjakannya malahan terus menambahkannya meski sedikit. Namun, kamu memastikan ada uang yang ditabungkan setiap bulannya yang sudah kamu sisihkan dari pendapatanmu entah kamu menerbitkan jumlah tertentu atau tidak yang pasti kamu selalu menyisihkan uang untuk menjadi tabungan sehingga saat kebutuhan atau keadaan paling mendesak jadi kamu bisa memanfaatkan tabunganmu. Pandemi adalah pengingat yang bagus dimana hampir semua orang mengalami kesulitan keuangan tapi kamu mampu untuk tetap bertahan karena memiliki dana untuk keadaan darurat ini .

Melakukan investasi 

Ketika menerima gaji dan memikirkan masa depan mungkin investasi sudah ada di kepalamu daripada nongkrong di cafe. Setiap hari kamu lebih memilih untuk menyisihkan uang tersebut untuk diinvestasikan, misalnya dengan menjajal jenis investasi yang kini menjadi incaran milenial seperti membeli saham deposito atau Reksadana. Bisa juga dengan investasi properti dengan KPR agar masa depan lebih nyaman dengan memiliki hunian sendiri namun perlu diingat bahwa kemampuan mengatur uang tidak hanya dilihat dari seberapa banyak uang yang dimiliki tetapi juga bagaimana seseorang dapat mengelola uang tersebut secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhannya.