Inilah 5 Kebiasaan Buruk Yang Memengaruhi Fungsi Otak

Jika ingin otot kamu terjaga, maka kamu perlu untuk selalu melatihnya. Perumpamaan ini sama halnya untuk selalu menjaga otak kita. Jika kita ingin menjaga kekuatan otak dan ketajaman otak, maka diperlukan untuk selalu melatihnya agar kemampuan otak berkembang.

Jika otak tidak mengalami perkembangan, maka kinerja otak akan melamban dan melemah. Tentunya hal ini akan berdampak pada kemampuan kognitif dan kemampuan untuk mengingat, berkonsentrasi, berpikir jernih, dan kemampuan dalam memecahkan masalah akan mengalami penurunan juga.

Menurut sejumlah penelitian ada berbagai faktor yang bisa mempercepat penurunan fungsi kognitif otak. Bahkan, beberapa kebiasaan buruk akan mempercepat proses penuaan otak pada orang yang relatif muda.

Lantas, apa saja kebiasaan yang tidak baik tersebut? Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

Kurang Tidur

Dalam beberapa penelitianbanyak yang menyebutkan bahwa tidur yang cukup merupakan hal yang sangat penting. Saat tidur pada malam hari, tubuh akan menjalankan fungsi-fungsi pentingnya. Pada saat itulah otak akan memperbaiki dirinya sendiri dan memproses semua informasi yang diterimany sepanjang hari.

Jika jam tidur kamu tidak cukup, ini akan mempengaruhi kinerja, konsentrasi, produktivitas, dan mempercepat proses penurunan fungsi kognitif.

Tidak Mempelajari Hal Baru

Otak adalah otot. Jika tidak dilatih, maka kinerja otak akan melamban. Karena itu, untuk mempertahankan kinerja otak, kamu perlu mempelajari hal yang baru, seperti membaca buku atau mencoba bermain musik.

READ  Pemeran Utama Film Black Panther Wakanda Forever Sudah Wafat

Menurut The Healthy, berhenti mempelajari hal baru akan meningkat kan risiko penyakit demensia dan Alzheimer.

Tidak Bersosialisasi

Studi yang dilakukan peneliti Johns Hopkins, tidak bersosialisasi dengan orang lain bisa menyebabkan risiko penyakit demensia, depresi, dan penyakit mental lainnya. Orang yang terisolasi secara sosial kemungkinan 27% akan terkena demensia.

Karena itulah sangat penting untuk selalu bersosial dengan orang lain baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Kurangnya Gerak

Jika kamu termasuk orang yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk, maka kamu harus lebih waspada lagi. Menurut beberapa penelitian bagi tubuh yang kurang bergerak akan mudah mengalami sakit punggung.

Karena itu kamu bisa membiasakan diri untuk berjalan ketempat kerja dan menggunakan tangga, atau kamu bisa juga mulai membiasakan diri untuk berolahraga. Apalagi olahraga memang terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Diet Buruk

Pola makan yang tidak seimbang bisa berdampak pada kesehatan otak. Hal ini juga akan menyebabkan tubuh dan otak tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Makanan cepat saji  yang sangat menggiurkan ternyata berbahaya, karena bisa meningkatkan peradangan dan mempercepat penurunan fungsi kognitif otak. Karena itulah, makanan dengan gizi seimbang yang kaya akan nutrisi sangat penting.

READ  Trik Mudah untuk Membuat Mobil Anda Selalu Wangi dengan Modal Minim! Eits, Bukan Cuman Pakai Stela Jeruk Ya!

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan proses penuaan dini pada otak. Untuk kamu yang masih sering melakukan kebiasaan buruktersebut, mulailah untuk menguranginya. Agar kinerja otak tidak mengalami penurunan kognitif.