Inilah Sejarah Wisata Batu Semar Bojonegoro, Batu Semar Yang Misterius

Wisata Batu Semar Bojonegoro merupakan  salah satu tempat wisata budaya , yang berada kabupaten Bojonegoro , provinsi Jawa Timur , negara Indonesia . Wisata Batu Semar Bojonegoro , adalah Tempat wisata yang ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari.

Harga tiket masuk ke adalah gratis atau tidak di kenakan biaya , terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh Wisata Batu Semar Bojonegoro , bukanlah hal yang murahan. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota bojonegoro , tidak menggunjungi Wisata Batu Semar Bojonegoro , yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya .

Wisata Batu Semar Bojonegoro ,sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, Hari libur Lebaran, Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan wisata budaya , ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di didekat atau di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat wisata Wisata Batu Semar Bojonegoro di kota bojonegoro.

READ  Fakta-Fakta Jika Kamu Berkunjung Ke Gunung Salak

Mengenal Sejara Wisata Batu Semar Bojonegoro

Wisata Batu Semar Bojonegoro , Merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah bojonegoro , juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal, maupun dari luar kota bahkan wisatawan dari luar negeri . Kota bojonegoro juga terkenal akan keindahan wisata dan budayanya , salah satu contohnya yaitu Wisata Batu Semar Bojonegoro ini , Batu besar yang memiliki berat sekitar 80 ton akhirnya berhasil diangkat dari “persemediannya” dan dipindahkan ke Alun-alun Kota Bojonegoro untuk dijadikan sebagai prasasti.

Batu yang memiliki ukuran panjang kurang lebih 4 meter, lebar 4 meter dan tinggi 3 meter itu dinamakan Batu Semar. Secara tertulis memang tidak terdokumentasikan, bagaimana kemudian awal mula batu yang sebelumnya berada di kawasan Hutan ikut Dusun Bendotan, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro itu disebut dengan nama Batu Semar.

Penyebutan itu secara “gepok tular” atau dari mulut ke mulut. Kemudian dikenal menyebar ke berbagai daerah luar Bojonegoro.Mantan Kepala Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Suwito, mengatakan, menurut kepercayaan warga sekitar batu semar sudah ada sejak jutaan tahun silam. Diduga batu tersebut merupakan batu material dari Gunung Pandan yang berada tidak jauh dari lokasi. Sebelumnya Gunung Pandan merupakan gunung aktif yang sempat meletus.

READ  Apakah Kamu Termasuk Orang Sibuk Atau Produktif ?

Batu Semar tersebut setiap malam satu Suro selalu ramai digunakan untuk melakukan ritual. Bahkan yang melakukan ritual banyak dari warga luar Bojonegoro. Tidak bisa dipungkiri, kata dia, benda apapun yang sudah ada jutaan tahun, maka tidak bisa lepas dari makhluk lain yang menghuninya. Sama halnya juga dengan Batu Semar, Sehingga untuk memindahkan batu tersebut sebelumnya dilakukan berbagai ritual baik dari kiyai maupun dukun . karena keunikannya inilah batu semar ini banyak di kunjunggi oleh wisatawan

Inilah Batu Raksasa yang beberapa bulan lalu ramai di perbincangkan. Batu ini di beri nama oleh warga setempat Batu Semar. dan nama tersebut di resmikan oleh Bupati bojonegoro Suyoto beberapa waktu lalu. Batu ini berasal dari dusun Bandotan Desa Krondonan kec Ngondang-Bojonegoro. sekarang Batu semar ini telah dijadikan prasasti di taman alun-alun (sebelah timur) kota Bojonegoro.