Keunikan Si Bawel

KBBI menyebutkan cerewet adalah sikap yang suka mencela (mengomel, mengata-ngatai, dan sebagainya) banyak mulut nyinyir; bawel. Pada umumnya sifat cerewet banyak menyerang kaum wanita meskipun tidak menutup kemungkinan menimpa kaum pria juga. Tiap orang pasti ingin selalu bercerita dan didengarkan oleh orang lain. Biasanya orang yang suka bercerita itu juga suka curhat pada orang lain. Namun, ketahuilah bahwa orang lain juga akan malas mendengarkan jika orang itu tidak tahu batasannya. Bisa saja ia tidak menghargai dan membuang-buang waktu orang yang mau mendengarkannya.

Apakah kamu pernah bertemu dengan orang seperti itu? Jika iya jangan berpikir buruk terlebih dahulu, ada kalanya kamu harus tahu melalui alasan ini mengapa ia bersikap seperti itu.

  1. Dia mungkin punya kepribadian ekstrovert. Kepribadian ini akan bisa mendapatkan banyak energi dengan bertemu banyak orang dan berbicara dengan mereka.
  2. Bisa saja ia tak suka denganmu karena cemburu dan bertingkah seolah seperti anak kecil yang merengek untuk mendapatkan perhatian.
  3. Mungkin saja ia ingin dianggap penting, maka mereka akan melakukan segalanya agar dianggap sebagai orang yang berpengaruh dan punya kekuatan untuk bisa didengar orang lain.
  4. Tidak punya skill mendengarkan yang baik, ia hanya ingin didengarkan dan bercerita. Bisa juga karena ia punya sikap egois.
  5. Terakhir, bisa saja ia stres dan punya banyak masalah, maka dari itu ia memilih untuk mengeluarkan segala masalahnya dengan bercerita pada orang lain.
READ  Sering Sakit Hati? Yuk Kenali Sebab dan Cara agar Tidak Sakit Hati sama Orang Lain

Orang bawel atau orang cerewet dapat menjadi penghidup suasana. Namun jika kelewatan, orang cerewet juga bisa sangat menjengkelkan. Beberapa dari kita bahkan tidak mampu menghadapi orang cerewat. berikut adalah hal-hal yang umumnya dilakukan oleh orang cerewet.

1.  Punya suara yang sulit dipadamkan

orang bawel memiliki suara yang sulit dipadamkan. Mereka kadang banyak bicara tanpa sadar kondisi. Kalau sudah begitu, mereka dapat menjadi beban bagi Anda yang kurang kuat menghadapinya.

2. Tidak mau diam
Selanjutnya, ciri-ciri orang bawel disebut tidak mau diam. Tipe yang satu ini mencoba memaksakan aliran kesadarannya yang mengalir bebas saat ada orang di sekitarnya

3. Mencoba terlibat dengan pembicaraan dirinya sendiri

orang yang bawel akan mencoba terlibat mdapam pembicaraanya. Kadang, mereka akan berbicara tentang kehidupan dirinya sendiri.

4. Cenderung egois

Menurutnya, orang yang bawel kadang cenderung egois dalam mengakui hak orang lain untuk berbicara. Salah satunya, mereka tidak membiarkan Anda berbicara sepatah kata pun.

5. Lebih suka bergosip

Ciri-ciri orang bawel disebut lebih suka bergosip dengan orang lain. meski gosip identik dengan ngomongin orang lain, ia mengatakan gosip bukan sebuah kegiatan yang bijaksana.

READ  Pentingnya Pencahayaan Alami Dalam Rumah

Nah, setelah memahami alasan mengapa ada orang cerewet dan banyak omong, ada baiknya kamu tetap mendengarkan jika kamu punya waktu. Namun jika ia sudah mulai kelewatan, maka tegurlah dia secara baik-baik agar ia tidak mudah tersinggung.