Jenis Lalapan Yang Di Gemari Orang Sunda

Sayuran mentah mengandung khasiat paling baik ketimbang sayur yang sudah diolah. Biasanya sayuran mentah ini dikonsumsi dengan cara dilalap. Bisa dengan bumbu kacang, sambal terasi, atau sambal colek. Mungkin kalau diluar negeri, sayuran mentah atau sayur fresh diramu dengan mayonaise dan saus-saus lainnya atau biasa disebut dengan salad.  Sayur lalapan bisanya menjadi pelengkap hidangan makanan berat. Misalkan, seorang petani di siang hari yang sudah kelelahan dan banyak mengeluarkan keringat, maka akan terpuaskan bila istirahat siang mengkonsumsi banyak mengandung garam sebagai pengganti ion tubuh.

Sehingga, kebiasaan makan seperti nasi dan ikan asin jadi digemari. Sayurnya tentu dengan sayuran segar yang bisa langsung disantap. Pelengkap terakhir ditemani dengan sambal rempah bisa sambal bawang, terasi, tomat, dan sebagainya.

Ada beberapa jenis sayuran segar yang biasa dijadikan lalapan. Jenis lalap daun dan lalap buah. Berikut ulasan singkat beberapa jenis lalapan yang dikenal dan digemari oleh masayarakat khususnya masyarakat Sunda.

Poh-pohan

Lalapan ini dikenal dapat membuat dalam perut kembali dingin apalagi setelah konsumsi sambal.Daun bertekstur, renyah. Beraroma khas, sedikit rasa mentol.

 Daun papaya mentah

Daun bagian pucuk, yang masih sangat muda. Rasanya pahit. Paling enak dinikmati bersama sambal dadak (sambal terbuat dari bahan segar yang diulek sesaat menjelang diperlukan.

READ  Kawasaki W175 : Motor Classic Di Era Modern

Daun jambu mete

Daun muda dan masih lemas. Rasa agak sepet

Daun tespong

Bentuknya mirip selada air. Jadikan daun dan batang muda sebagai lalapan. Renyah, banyak air, rasa agak manis. Beraroma tajam khas.

Daun kemang

Serupa daun mangga. karena kemang memang masih sekeluarga dengan mangga. Pilih daun yang masih muda, masih lemas, dan berwarna hijau muda keunguan. Rasanya agak sepet.

Daun beluntas

Daun muda dan bagian pucuk. Aroma tajam khas. Tekstur berserat.

Pucuk daun kangkung

Serupa daun mangga. karena kemang memang masih sekeluarga dengan mangga. Pilih daun yang masih muda, masih lemas, dan berwarna hijau muda keunguan. Rasanya agak sepet.”

Pegagan

Merupakan tanaman yang tumbuh menjalar di permukaan tanah. Dimakan daun dan batang mudanya. Memiliki aroma yang khas.

Selada air

Jadikan lalapan daun dan batang mudanya. Renyah segar agak berserat, rasanya sedikit manis.

Kemangi

Jenis kemangi ternyata banyak jenisnya. Ada yang disebut sebagai ruku-ruku, sama dengan kemangi hanya tanamannya lebih besar. Adapula basil kemangi, jenis kemangi yang daunnya lebar. Meskipun begitu, dikonsumsi sebagai lalap sama-sama nikmatnya.

Kericip

Buahnya dinikmati seluruhnya. Rasanya manis

Petai cina

Di Jawa dan daerah lainnya, yang dijadikan lalapan mentah adalah biji-biji mudanya. Di Sunda, polongan yang masih muda dimakan mentah bersama kulitnya. Rasanya agak manis, aroma khas agak menyengat.

READ  Perang Afganistan: Sejarah Konflik dan Intervensi Asing

Leunca

Bulat-bulat kecil. Rasa renyak agak pahit ke manis. Ada dua jenis leunca da takokak. Namun yang populer dipakai untuk lalap adalah jenis leunca.

Terong bulat

Biasanya jenis terung bulat berwarna hijau yang kerap dikonsumsi untuk lalap. Teksturnya renyah dan rasanya manis. Selain sebagai pelengkap sambal, tomat juga kerap disantap bersamaan dengan sayur segar lalap lainnya. Rasanya asam manis segar dan renyah.

Itulah beberapa jenis sayuran segar masyarakat Sunda yang kerap langsung disantap tanpa diolah atau disebut dengan sayur lalapan. Meski dikatakan mentah, namun karena segar rasanya pun jadi nikmat.