Kalau Badut Lucu, Kenapa Pada Takut?

Badut, awalnya badut diciptain buat bikin orang ketawa tapi kenapa akhirnya malah banyak yang takut sama badut? Kenapa badut itu bisa seram?

Jadi ketakutan orang terhadap badut itu gara-gara mereka itu mirip manusia tapi gak mirip-mirip amat juga, perasaan ini ada nama kerennya yaitu Ance unkle uncanny Valley. Otak ngerasa aneh ngelihat tampilan yang kayak manusia tapi tidak alami dan gak cuma pas ngelihat badut efeknya itu juga kerasa pas kita ngelihat boneka atau robot yang terlalu mirip manusia terus itu alasan lain kita takut badut adalah riasan mereka yang tebal dan ekspresinya yang berlebihan ini bikin wajah asli dari orang di baliknya itu jadi ketutupan. Kita jadi tidak tahu emosi mereka dan susah nerka apa yang bakal mereka lakukan disituasi ambigu kayak gini, otak kita kadang mikirin kemungkinan terburuknya dan sebenarnya penelitian pernah melakukan survei buat cari tahu alasan ketakutan terhadap badut selain alasan-alasan di atas. banyak juga yang takut badut ternyata karena mereka digambarin seram di media. Oke tapi sebenarnya buat apa sih badut diciptain dan sejak kapan badut itu ada?

Pendahulunya badut udah dari zaman Yunani dan Romawi mereka adalah karakter konyol dalam teater, seiring berjalannya waktu karakter ini nyebar ke teater saantio Eropa, terus lama-lama badut mulai dapatin ciri khasnya: sepatu kebesaran, topi dan akhirnya make up putih. Selain itu sirkus keliling tercipta dan badut turut serta, mereka menghibur penonton dengan berbagai hal yang konyol dan lucu. Badut pun makin terkenal bahkan sampai orang tua pun manggil mereka khusus buat anak tercintanya saat ber ulang tahun. Siapa di sini gak pernah ngelihat badut ulang tahun?

READ  Lagi, Tim Asia Jepang Kejutkan Dunia Usai Bungkam Jerman di Piala Dunia Qatar

Tapi karena udah enggak sepopuler dulu mau enggak mau banyak yang perlu nyari pilihan pekerjaan lain. Sekarang mereka udah mulai jarang ditemuin tapi apakah kalian kebayang dunia di mana tiba-tiba badut itu gampang kita temuin di mana-mana? Gilanya kejadian ini beneran ada beberapa tahun lalu di Amerika (2016, American Clown Craze), tiba-tiba banyak orang yang suka pakai baju badut. Beberapa tidak cuma pakai kostum tapi beneran ngakuin hal-hal yang menakutkan.

Orang tua pun khawatir dan nyebarin soal ini di sosial media, tapi saat viral bukannya berkurang malah makin banyak orang yang iseng ikut-ikutan bahkan sampai warga negara lain juga. Kebanyakan dari mereka sebenarnya tidan mengancam, tapi sampai ada juga yang beneran nusuk orang. Tidak ada yang tahu pasti kenapa demam kostum badut ini bisa terjadi, sampai ada yang bilang kalau ini tuh mungkin trik buat promosiin film. Tapi seperti hal viral lain kejadian inipun lama-lama mereda. Ya, wujud badut memang kadang bikin nyeremin. Padahal awalnya mereka ada untuk menghibur kita.