Kamu Termasuk Golongan Apanih Early Bird Atau Night Owl

Kelompok pertama adalah night owl, yaitu ketika Anda memiliki energi penuh hingga malam dan punya kecenderungan tidur larut malam. Sementara yang lainnya adalah early birdyaitu Anda yang punya kecenderungan bangun lebih pagi dan tidur malam lebih awal. Menurut penelitian, faktor gen turut memengaruhi kapan seseorang tidur dan terbangun. Kondisi ini juga dapat berkaitan dengan waktu seseorang merasa bersemangat dan produktif atau merasa lelah dan mengantuk. Tidak hanya itu, chronotype juga dapat memengaruhi nafsu makan, suasana hati, tingkat aktivitas fisik, serta aspek kesehatan lainnya. Namun yang perlu dicatat, walaupun berpengaruh pada waktu tidur, gen tidak memengaruhi kualitas maupun durasi tidur.

Early Bird

Ketika terbangun dari tidur, tubuh akan memasuki zona pembakaran lemak yang menjadikan metabolisme tubuh lebih lancar. Maka dari itu, orang early bird dapat dikatakan lebih sehat. Menurut penelitian Cancer Research Institute, wanita early birdyang bangun lebih awal cenderung jarang terkena kanker payudara dibandingkan night owlyang berisiko lebih rentan dua kali lipat.

Jika Anda termasuk tipe early bird , maka Anda akan cenderung untuk:

  1. Tidur lebih awal di malam hari
  2. Bagun pagi-pagi bahkan sebelum matahari terbit
  3. Dalam kondisi sedikit energi di sore dan malam hari
  4. Mengalami kesulitan untuk tetap terjaga di malam hari setelah melewati jam tertentu
READ  Fakta Menarik Negara Iran, Berikut Ulasannya

early bird cenderung bangun lebih awal dan tidur lebih awal. Mereka biasanya akan secara alami mengantuk setelah jam tertentu di awal malam, lalu terbangun di awal pagi dengan relatif mudah walaupun tanpa bantuan alarm. Salah satu pola tidur yang mungkin dimiliki oleh tipe early bird  adalah tidur jam 9 malam dan bangun jam 5 pagi secara alami.

Night owl

night owl ini teruntuk Purple People yang susah banget untuk bangun di pagi hari. Individu dengan jenis night owl merasa lebih produktif ketika malam hari, cenderung lebih kreatif, dan lebih boros dari pada individu yang tergolong jenis early bird. night owl  adalah seorang pemalas.

Tipe night owl,  cenderung akan tetap terjaga hingga larut malam dan bergadang karena mereka merasa paling produktif pada jam-jam tersebut. Jika Anda seorang night owl, Anda mungkin akan cenderung untuk :

  1. Tetap menjaga hingga larut malam bahkan tidak jarang bergadang
  2. Menikmati tidur setelah larut malam
  3. Dalam kondisi terbaik setelah sore menjelang
  4. Memiliki lebih banyak energi di malam hari
  5. Bangun pagi dalam kondisi lelah atau lemas
  6. Kesulitan untuk tetap terjaga atau waspada di siang hari

Orang tipe night owl  berjumlah sekitar 15% dari populasi. Tipe ini paling produktif pada larut malam. Banyak dari tipe night owl adalah orang yang kreatif dan lebih terbuka untuk mengambil risiko.

READ  Desa Penglipuran Menjadi Tempat Wisata Yang Eksotis

Meskipun demikian, tipe ini juga lebih rentan terhadap beberapa gaya hidup tidak sehat bahkan risiko gangguan kesehatan seperti:

  1. Kurang tidur
  2. Cenderung memiliki gangguan impulsif, cemas, depresi dan emosional
  3. Sering melewati sarapan dan makan lebih banyak di malam hari
  4. Menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan perangkat elektronik
  5. Mengonsumsi lebih banyak alkohol dan kafien

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah pola tidur kamu. Pertama, kamu harus tentukan jadwal tidur yang konsisten, ya. Baik itu hari libur atau nggak, pastikan kamu bangun dan tidur di jam yang kurang lebih sama setiap harinya. Kalau kamu tidur sekitar jam 9 malam, dan bangun jam 5 pagi, maka lakukan terus konsisten seperti itu. Lalu, pastikan setiap harinya asupan makan dan minum kamu tercukupi. asupan kita bisa mempengaruhi kondisi badan kita. juga perlu diketahui batasi konsumsi kafein, khususnya di sore dan malam hari. Kita bisa catat setiap jam berapa mulai merasa ngantuk, ketika mau tidur, dan ketika kamu bangun dari tidur. Kamu juga bisa memulai rutinitas sebelum tidur yang dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.