Kenapa Air Keran Di Indonesia Tidak Bisa Diminum?

Darimana sumber minum air kalian? Mungkin ada yang jawab air galon, masak air keran, atau bahkan sumur. Tapi sebenarnya banyak negara yang air kerannya bisa langsung diminum, bahkan di bandara juga sudah bisa. Lalu kenapa air keran di rumah kita tidak bisa langsung diminum?

Kalau menurut bapak Rofiq Iqbal, ST, M.Eng, PhD. (Kelompok Keahlian Rekayasa Air dan Limbah Cair dari FTSL ITB) bisa langsung diminum begitu keluar dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).
Masalah utamanya ternyata adalah pipa. Jadi buat air sebenarnya bisa sampai ke keran rumah prosessnya adalah air dari sumber disalurkan ke PDAM, lalu darisana di prosses supaya jadi bersih dan siap untuk diminum, barulah dialirkan ke rumah rumah kita lewat pipa. Sayangnya banyak pipa pipa air minum di indonesia yang kurang baik (Pipa Tua/Keropos, Pipa Lumuran, Pipa Karatan, Pipa Kotor) jadi air yang lewat ikut tercemar kotoran dan kuman, karena itu jika langsung diminum akibatnya bisa bahaya, dan biaya untuk membersihkannya sangat mahal.

Tapi mungkin gak sih kalo air di negara +62 ini bisa diminum seperti di luar negri?
Ya mungkin kita bisa belajar seperti negera Firlandia dengan kualitas air kerannya ranking 1 dunia sebagai air keran terbaik. Pemerintah Firlandia benar benar mendengarkan SAINS dalam menentukan kebijakannya agar tidak asal asalan dan mengikuti perkembangan jaman. Seperti tahun 1880 di Helsinki penelitian bilang kalau timbal gampang larut di air, lalu mereka langsung tidak pakai pipa timbal lagi. Selain itu mereka juga benar benar menjaga proses air limbah supaya tidak membuat sumber air tidak tercemar. Pemerintah juga melarang perusahaan swasta untuk ikutan mengelola air.

READ  10 Negara Dengan Skor IQ Tertinggi

Jadi apakah air keran di indonesia bisa langsung diminum?
Sebenarnya sudah ada beberapa daerah di indonesia yang air kerannya bisa langsung diminum karena jaringan pipanya relatif baru seperti:
1. PDAM Kabupaten Buleleng
2. PDAM Kota Bogor
3. PDAM Kota Malang
4. PDAM Kota Banjarmasin
5. PDAM Kota Makassar
6. PDAM Kota Tangerang
7. PDAM Intan Banjar
8. PDAM Kota Bandung
9. PDAM Kabupaten Gresik
10. PDAM Kota Panjang
Lalu pemerintah kita berencanq seluruh air minum kerannya bisa diminum di IKN. Dengan cara dibuat waduk untuk jadi sumber utamanya, tapi banyak warganya yang mengandalkan air dari sungai jadi kesusahqn. Pembangunannya saja banyak ditolak warga termasuk masyarakat adat. Jadi apakah proyek ini berhasil memberikan air minum bersih keseluruh warga kota?

Jika kita minum air keran di indonesia secara langsung dapat membuat kita sakit perut, jadi kapan air keran di Indoensia bisa langsung diminum? Jawabannya adalah waktu.