Kifosis : Waspada Jangan Membiasakan Badan Membungkuk

Pada kondisi normal, tulang belakang memiliki kemampuan untuk melengkung, setidaknya antara 25 hingga mencapai 45 derajat. Jika ternyata tulang belakang melengkung hingga lebih dari 50 derajat, kamu perlu waspada, karena ini bisa membuat tubuh membungkuk.

Postur tubuh bungkuk menjadi gejala awal terjadinya kifosis. Kondisi ini biasanya tidak memerlukan penanganan khusus. Tetapi, jika kelengkungan tulang ini membuat kamu kesulitan bernapas dan menimbulkan rasa sakit yang parah, kamu memerlukan pembedahan untuk membuatnya normal kembali.

Pada kifosis jenis ini, pengidapnya masih mungkin kembali memiliki bentuk tubuh yang tegap. Sedangkan jenis yang kedua yaitu kifosis struktural. Untuk tubuh bungkuk jenis ini hanya bisa dicegah namun tidak bisa membuat tubuh menjadi tegap kembali.

1.  Mengatasi Kifosis Fungsional
Untuk mengembalikan bentuk tubuh tegap kembali jika terkena kifosis fungsional adalah dengan melakukan terapi. Yang paling mudah dilakukan adalah rutin melakukan olahraga air seperti berenang, mengapung, dan berjalan di dalam air.

Beberapa gerakan dalam gaya berenang dapat menarik bahu dan tulang punggung sehingga menjadi lebih tegap. Misalnya saja dengan gaya kupu-kupu atau dada. Gerakan lain yang sederhana adalah dengan berjalan di dalam air untuk memperbaiki postur tubuh.

READ  Menaklukkan Keindahan Gunung Gawalise: Petualangan ke Puncak Tertinggi di Tengah Kota Palu

Olahraga air dapat mengatasi kifosis fungsional karena tekanan dalam air dapat “memaksa” postur tubuh menjadi tegap. Tubuh yang bungkuk pun mau tak mau akan dengan sendiri menjadi tegap karena akan sulit bergerak di dalam air apabila bentuk tubuh membungkuk.

Untuk menghindari kifosis fungsional ini tidak sulit kok, cukup dengan kebiasaan baik yaitu duduk dengan tegap. Sebisa mungkin menghindari postur duduk tidak tegak, terlalu banyak membungkuk, dan tidak menarik bahu. Bahkan bagi orang sakit yang menghabiskan waktu di tempat tidur terlalu lama pun bisa terkena kifosis jenis ini.

Agar selalu ingat untuk memasang postur tegap setiap bergerak, kamu bisa mulai mengingatkan diri sendiri. Misalnya dengan menempelkan post it pada layar komputer atau pasang wallpaper pada smartphone yang mengingatkan untuk duduk tegak menarik bahu dan perut serta membusungkan dada.

2.  Mengatasi Kifosis Struktural
Jenis tubuh bungkuk yang satu ini tidak bisa disembuhkan. Artinya, pengidapnya hanya dapat mencegah agar bungkuk atau struktur tubuh tidak berubah semakin parah. Dalam hal ini, diperlukan penanganan khusus oleh dokter untuk menjalani terapi tertentu dan tentu saja melakukan kebiasaan baik seperti halnya kifosis fungsional.

Jika kamu punya masalah yang berhubungan dengan struktur tubuh atau tulang, sebaiknya langsung hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan tepat. Terapi yang dilakukan baik pada pengidap kifosis fungsional maupun struktural akan lebih baik apabila diawasi langsung oleh dokter ahli. Tubuh yang bungkuk dapat juga menimbulkan komplikasi apabila tidak diatasi dengan tepat.