Kronologi Arsenal Tersingkir dari Europa League setelah Keberhasilan Ganda di Domestik Eropa

Kronologi Arsenal Tersingkir dari Europa League setelah Keberhasilan Ganda di Domestik Eropa

Setelah dipastikan tersingkir dari babak 16 besar Europa League, Arsenal menelan pil pahit. Tersingkirnya Arsenal dari kompetisi ini seakan membungkam mulut besar Michael Arteta, pelatih Spanyol yang ingin mengawinkan dua gelar juara di musim ini. Artikel ini akan merangkum kronologi tersingkirnya Arsenal di Europa League.

Musim 2022/2023 merupakan musim yang paling gemilang bagi Arsenal dibawah asuhan Michael Arteta. Skuad The Gunners berpeluang mengangkat dua trofi sekaligus, mulai dari Premier League sampai dengan kompetisi kasta kedua Eropa, yakni Europa League. Kini masih memuncaki klasemen sementara Liga Inggris dengan mengumpulkan 66 poin, The Gunners bahkan lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara grup A.

The Gunners juga dijagokan untuk memenangkan trofi Europa League pertama mereka di musim ini. Prediksi super komputer milik media batting expert media itu memprediksi bahwa Arsenal bakal punya peluang untuk melaju ke partai final sebesar 39%. Sedangkan untuk menjadi juara, mereka memprediksi The Gunners punya peluang sebesar 22%, prediksi ini yang paling tertinggi dibandingkan dengan Manchester United yang hanya memiliki peluang juara sebesar 20%.

Michael Arteta dengan peluang juara sebesar itu membuatnya langsung besar kepala. Pelatih asal Spanyol itu menargetkan anak asuhnya untuk bisa mengawinkan dua gelar juara sekaligus, yaitu dengan keluar sebagai juara Premier League dan juga Europa League di musim ini. Namun, dia mengaku tidak terlalu mempersiapkan skuadnya dengan serius, hanya meminta anak asuhnya untuk fokus menghadapi setiap pertandingan.

READ  Sejarah Manchester United dan Daftar Prestasinya

Arteta memasang target tinggi dengan bisa meraih kemenangan di laga kontra Sporting Lisbon. Sayangnya di laga itu, Arsenal harus gagal meraih kemenangan pada laga yang digelar di Jose Alfalade. The Gunners berhasil ditahan imbang dengan skor 2-2, meskipun demikian, Arteta merasa bersyukur dan menyebut kalau dirinya bisa memotivasi para pemain.

Arsenal harus tersingkir secara dramatis pada leg kedua babak 16 besar Europa League. Di laga itu, skuad The Gunners berhasil dikalahkan oleh Sporting Lisbon lewat adu pinalti. Arsenal sendiri sebenarnya sempat unggul lebih dulu lewat gol dari Granit Saka di menit ke-19. Namun, Sporting Lisbon berhasil menyamakan kedudukan dan pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Arsenal gagal meraih kemenangan dalam pertandingan ini, meskipun berhasil melepaskan 13 tembakan, tiga di antaranya mengarah ke gawang. Gol dari Pedro Gonsalves mengandaskan kemenangan Arsenal di depan mata saat itu, setelah ia berhasil mencetak gol cantik setelah melepaskan sepakan dari tengah lapangan di menit ke-72.