Manfaat Daun Pandan, Ternyata Bisa Mencegah Penyakit Jantung Lho

Daun pandan tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kamu, karena tanaman satu ini selalu identik dengan baunya yang khas sehingga sering digunakan dalam campuran makanan. Tak hanya itu daun pandan juga sering dimasukkan ke dalam infused water dan bisa ditemukan dalam bentuk bubuk atau minyak.

Rupanya daun pandan tidak hanya digunakan sebagai campuran makanan. Namun, daun pandan sering juga digunakan sebagai obat tradisional yang aman dan baik untuk kesehatan. Tumbuhan satu ini  mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan karotenoid.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak apa saja manfaat daun pandan, yuk simak ulasan ini bersama-sama.

Menjaga Kesehatan Kulit

Dalam tumbuhan ini mengandung beta karoten yang mampu menjaga penampilan dan meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan ini dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit.

Meredakan Nyeri

Daun pandan memiliki senyawa sifat analgetik yang mampu meredakan rasa nyeri. Dimulai dari nyeri dada, sakit kepala, hingga arthritis. Untuk penggunaannya kamu bisa minum teh daun pandan dua kali sehari.

READ  Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Tidur Siang, Banyak Manfaatnya Loh!

Meningkatkan Napsu Makan

Daun pandan ternyata mampu meningkatkan napsu makan seperti semula. Caranya yaitu dengan merebus 10 gram daun pandan dengan tiga gelas air dan rebus hingga air yang tersisa hanya satu cangkir.

Untuk mengembalikan napsu makan yang mulai menurun, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun pandan di pagi hari dan sore hari.

Mengatasi Insomnia

Pada tumbuhan ini memiliki senyawa alkaloid yang mampu memberikan efek menenangkan untuk tubuh sehingga daun pandan cocok untuk mengatasi insomnia. Selain itu, daun pandan bisa memberikan efek tenang dan membuat kamu mudah tidur.

Membantu Detoksifikasi

Untuk kamu yang sering beraktifitas diluar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, maka detoksifikasi adalah hal yang penting. Radikal bebas dalam tubuh harus dilawan agar tidak mengundang penyakit yang tidak diinginkan.

Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Daun pandan mengandung senyawa karotenoid yang cukup tinggi. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan plak (aterosklerosis).

Mencegah Penyakit Kanker

Dengan mengonsumsi daun panda dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Hal ini dikarenakan daun pandan mengandung vitamin A, vitamin C, dan beta karoten yang memiliki sifat antioksidan.

READ  Richarlisson, Masihkah Ada Yang Meragukan Bintang Brasil ini?

Itulah manfaat daun pandan yang bisa kamu gunakan. Namun, perlu kamu ingat walaupun mengonsumsi daun pandan untuk sehari-hari dikatakan aman, kamu tetaplah harus konsultasi ke dokter apabila ingin memanfaatkan daun pandan untuk mengobati penyakit tertentu.