Mengenal Olahraga Baseball, ini Bukan Kasti ya!

Mengenal Olahraga Baseball, ini Bukan Kasti ya!

Baseball adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 9 orang pemain. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memukul bola yang dilempar oleh pemain lawan dan berlari di sekitar lintasan yang disebut “bases” untuk mencetak poin. Pemain yang memukul bola disebut “batter” dan pemain yang melempar bola disebut “pitcher”. Baseball sangat populer di Amerika Serikat dan juga dimainkan di seluruh dunia.

Sejarah olahraga Baseball

Sejarah olahraga baseball dapat dilacak kembali ke abad ke-18 di Amerika Serikat, di mana permainan yang disebut “rounders” yang mirip dengan baseball dimainkan oleh anak-anak. Pada tahun 1845, Alexander Cartwright, anggota tim baseball Knickerbocker Club di New York City, menulis aturan resmi untuk permainan ini yang menjadi dasar untuk baseball modern. Pertandingan pertama yang dimainkan dengan aturan ini dilakukan pada tahun 1846 di Hoboken, New Jersey.

Selama abad ke-19, baseball menjadi olahraga yang sangat populer di Amerika Serikat, dan tim-tim profesional mulai muncul. Pada tahun 1869, tim profesional pertama, Cincinnati Red Stockings, dibentuk. Pada tahun 1903, Liga Amerika dan Liga Nasional digabung menjadi Liga Baseball Amerika (American League). Pada tahun 1903 juga di adakan pertandingan pertama World Series, antara tim-tim terbaik dari kedua liga.

Saat ini baseball adalah salah satu olahraga paling populer di Amerika Serikat dan juga dimainkan di seluruh dunia, terutama di Amerika Latin dan Asia.

READ  Inilah Tujuan Dari Beberapa Hal Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Nyepi Berlangsung

Di negara mana saja olahraga Baseball populer?

Baseball sangat populer di Amerika Serikat, di mana itu menjadi salah satu olahraga nasional. Baseball juga sangat populer di negara-negara Amerika Latin seperti Kuba, Dominican Republic, Puerto Rico, Venezuela, dan Mexico. Di Asia, baseball sangat populer di negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. Baseball juga dimainkan di beberapa negara Eropa, Australia, dan Afrika. Namun, di negara-negara tersebut popularitasnya tidak sebesar di Amerika Serikat, Amerika Latin dan Asia.

Apakah Baseball memiliki organisasi Federasi dunia?

Ya, baseball memiliki organisasi Federasi dunia yang disebut Federasi Baseball dan Softball Internasional (IBAF). IBAF didirikan pada tahun 1938 dan merupakan organisasi yang bertanggung jawab untuk promosi dan pengembangan baseball dan softball di seluruh dunia. IBAF mengatur turnamen internasional termasuk Baseball World Cup, Premier12, dan World Baseball Classic. IBAF juga bekerja sama dengan organisasi baseball di negara-negara anggotanya untuk meningkatkan kualitas permainan dan mengembangkan program pemuda. Pada tahun 2013 IBAF di ubah nama menjadi World Baseball Softball Confederation (WBSC) yang mengatur kedua olahraga baseball dan softball.

Bagaimana perkembangan olahraga Baseball di Indonesia?

Baseball di Indonesia telah ada sejak tahun 1930-an, tetapi popularitasnya tidak sebesar olahraga lain seperti sepak bola dan basket. Pada tahun 1980-an, baseball mulai menjadi lebih populer di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Pada tahun 1999, Federasi Baseball Indonesia (PBSI) didirikan untuk mengembangkan olahraga ini di Indonesia.

READ  Mengenal Asfiksia : Gejala, Penyebab dan Pertolongan Pertama

Perkembangan baseball di Indonesia masih terbatas pada beberapa kota besar dan masih belum sepopuler olahraga lain. Namun, PBSI telah bekerja keras untuk mengembangkan baseball di Indonesia dengan mengadakan turnamen dan program pelatihan. Pada tahun 2012, Indonesia mengirimkan tim baseball untuk pertama kalinya ke Asian Baseball Championship dan pada tahun 2013 Indonesia mengirimkan tim baseball ke World Baseball Classic Qualifiers.

Meskipun perkembangan baseball di Indonesia masih terbatas, tetapi olahraga ini mulai menarik perhatian lebih banyak orang dan diharapkan dapat terus tumbuh dan berkembang di masa depan.

Istilah-istilah dalam Baseball

Dalam baseball, terdapat beberapa istilah yang digunakan untuk menjelaskan aksi dan situasi dalam permainan. Beberapa istilah yang umum digunakan adalah:

  • Batter: Pemain yang berdiri di home plate dan bertugas untuk memukul bola yang dilempar oleh pitcher.
  • Pitcher: Pemain yang berdiri di pitcher’s plate dan bertugas untuk melempar bola ke batter.
  • Strike: Bola yang dilempar oleh pitcher dan diterima oleh catcher di dalam strike zone (daerah yang ditentukan di atas dan di sekitar home plate yang menjadi target untuk memukul bola).
  • Ball: Bola yang dilempar oleh pitcher dan tidak diterima oleh catcher di dalam strike zone.
  • Out: Pemain yang dikeluarkan dari permainan karena melakukan kesalahan atau tidak dapat mencapai base sebelum ditangkap bola.
  • Inning: Satu periode permainan yang terdiri dari kedua tim memainkan offense dan defense.
  • Home run: Pemukulan bola yang menyebabkan bola dapat diterbangkan keluar dari stadion, mencetak satu poin dan memungkinkan semua pemain yang berada di base untuk berlari ke home plate dan mencetak poin.
  • Double play: Aksi yang dilakukan oleh pemain defense untuk mengejar dua pemain offense yang berada di base dalam satu giliran permainan.
  • Error: Kesalahan yang dilakukan oleh pemain defense yang menyebabkan pemain offense dapat berlari ke base atau mencetak poin.
  • Relief pitcher: Pemain yang diganti dengan pitcher baru untuk mengisi sisa innings.
  • Designated hitter: Pemain yang hanya bertugas untuk memukul bola dan tidak diperlukan untuk bermain di posisi defense.
READ  Data dan Fakta Negara Libya

Ini hanyalah beberapa istilah dasar yang digunakan dalam baseball, namun masih banyak istilah lain yang digunakan untuk menjelaskan situasi dan aksi dalam permainan.