Misteri Yang Terdapat Di Candi Borobudur Menjadi Mitos Menarik

candi borobudur adalah sebuah candi budha yang terletak di borobudur, magelang, jawa tengah, indonesia. candi borobudur adalah candi terbesar di bunia, sekaligus salah satu monumen budha terbesar di bunia. candi borobudur memiliki mitos dan misteri mengenai siapa sosok yang telah membangunnya. mengingat bahwa candi ini di bangun pada tahun 800an masehi pada masa pemerintah wangsa syailendra. berikut beberapa mitos dari berbagai sumber candi borobudur :

1 . relief tersembunyi

di balik keindahan relief di setiap bangunan yang di ukir di hampir seluruh bagian candi borobudur ini, ternyata ada relief tersembunyi yang jarang orang ketahui. relief tersebut berada di bagian bawah dan berada di pondasi yang tersembunyi. nama relief itu adalah kamadhatu. yang terdiri sekitar 160 relief dari sutra yang disembunyikan dari publik.

2. arsitek misterius

misteri terbesar lainya dari candi borobudur adalah proses pembangunan dan siapa yang membangunkanya. karena pada zaman dahulu, alat-alat tidak secanggih seperti jaman sekarang, lalu candi yang di bangun pada tahun mashi ini sudah terlihat cantik dengan ukiran yang rumit serta mampu bertahan hingga saat ini. mitosnya, bangunan candi borobudur ini di percaya masyarakat di bangun oleh gunadharma. sosok jenius yang menjelma menjadi pegunaan moenoreh yang terletak tidak jauh dari candi borobudur.

READ  Cara Membuat Pernikahan yang Bahagia dan Harmonis: Panduan untuk Pasangan Baru 

3. misteri jam raksasa

tak hanya sebagai peninggalan agama budha saja, candi borobudur juga memiliki fungsi yang berhubungan dengan astronomi. hal itu di buktikan dengan adanya jam raksasa, yang mengendalikan sinar matahari. selain itu, jika diamatidari reliefnya sendiri, tersemat bintang, bulan, dan matahari.

4. misteri patung yang belum selesai

ternyata masih ada beberapa bagian dari patung di candi borobudur ini yang masih belum selesai. diantaranya patung invination budha dan singa urung. hingga sekarang, misteri mengenai patung yang belum selesai itu masih tidak di ketahui. selain itu, ada mitos yang beredar, jika kita melewati atau bahkan memegang patung singa urung, maka kita tidak akan memiliki hubungan langgeng, baik yang pacaran maupun yang menikah.

salah satu bukti sejarah dunia yang di miliki indonesia adalah candi borobudur. candi ini bahkan sempat masuk kedalam deretan 7 keajaiban dunia. candi borobudur pun tak lepas dari sejarah di balik pembuatanya. hingga kini, belum di ketahui pasti siapa yang merancang bangunan super kokoh tersebut dan tempat beribadah umat budha ini pun kini mejadi pusat wisata yang selalu menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara.