Mitos Atau Fakta Kacang Dapat Menimbulkan Jerawat?

Apakah kamu pernah mendengar hal yang banyak beredar dikalangan masyarakat bahwa mengonsumsi kacang bisa menimbulkan penyakit?

Jika kamu pernah mendengarnya, yuk simak faktanya apakah benar mengonsumsi kacang bisa menimbulkan jerawat.

Benarkah Kacang Menimbulkan Jerawat?

Kacang memang dipercayai bisa menimbulkan jerawat, karena itu makanan satu ini seringkali dihindari untuk dikonsumsi. Padahal, faktanya tidaklah seperti itu.

Sebenarnya jerawat bisa terjadi pada siapa saja. Penyebab jerawat ini dikarenakan penyumbatan pori-pori oleh minyak berlebih, infeksi bakteri, dan sel kulit mati. Salah satu faktor yang mendukungnya lagi adalah makanan yang dikonsumsi dan bisa juga karena kebiasaan mencuci muka hingga faktor genetic.

Alasan yang menyebabkan kacang bisa menimbulkan jerawat adalah aktivitas sistem pencernaan setelah mengonsumsi makanan ini. Kacang memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi dan membutuhkan waktu dan juga tenaga yang tidak setikit saat mengolahnya.

Jika proses pencernaan lambat, sistem kekebalan tubuh mulai memproduksi antibody untuk mengatasi masalah ini. Namun, antibody ini ternyata juga mengiritasi kelenjar sebaceous yang merangsang produksi minyak berlebih.

Terlalu banyak sebum maka pori-pori akan tersumbat dan menimbulkan komeda dan jerawat. Hal inilah yang dipercayai orang bahwa kacang bisa menimbulkan jerawat pada kulit.

READ  Destinasi Wisata Kawah Ijen Dan Pesona Blue Fire

Manfaat Kacang

Jangan salah sangka, walaupun banyak beredar bahwa kacang bisa menimbulkan jerawat tapi pada faktanya itu tidaklah benar. Justru kacang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan juga kesehatan tubuh kita. Berikut adalah manfaat kacang untuk kesehatan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Menurut beberapa penelitian kacang justru dapat membantu menghilangkan jerawat. Kacang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang membantu kulit melawan peradangan kulit, seperti vitamin A, vitamin B3 dan B6, vitamin C, dan vitamin E.

Vitamin E yang terkandung dalam kacang tanah bermanfaat untuk menjafa kesehatan kulit. Yang mana vitamin E dapat bekerja untuk mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit.

Kandungan asam folat pada kacang pistachio juga memastikan kulit pulih dari masalah jerawat. Bahkan, kacang pistachio dapat bereaksi dengan insulin karena bertugas untuk melacak gula darah yang mungkin memengaruhi kadar androgen.

Menjaga Kesehatan Jantung

Studi pengamat menunjukkan bahwa makan kacang tanah serta jenis kacang lainnya bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung. Hal ini kemungkinan terjadi dikarenakan beberapa faktor, yaitu kacang tanah mengandung sejumlah nutrisi yang menyehatkan jantung, seperti magnesium, niasin, tembaga, asam oleat, dan banyak antioksidan, seperti resveratrol.

READ  Seni Tari Kuda Lumping: Asal Tarian, Sejarah, Pertunjukan, dan Properti Yang Digunakan

Menurunkan Berat Badan

Kacang kaya akan lemak sehat, protein, dan serat. Sehinggga kacang menjadi salah satu camilan yang menyehatkan. Dengan memakan kacang tanah dalam jumlah sedang bisa membantu seseorang untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Penelitian menemukan jika seorang wanita mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang tanah dalam dua kali seminggu mereka akan memiliki sedikit risiko kenaikan berat badan dan obesitas selama 8 tahun dibandingkan mereka yang jarang makan kacang.

Jadi, informasi yang selama ini beredar tentang kacang yang bisa menimbulkan jerawat tidaklah benar. Karena pada faktanya kacang justru baik untuk kesehatan kulit dan juga kesehatan tubuh kamu lo.