Monas, Lebih dari Sekedar Monumen

Monas, Lebih dari Sekedar Monumen
sumber gambar : https://www.instagram.com/lovely_jkt/

Monas adalah singkatan dari Monumen Nasional, yang merupakan sebuah monumen yang terletak di pusat kota Jakarta, Indonesia. Monas dibangun untuk mengenang perjuangan Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Monumen ini didesain oleh Frederich Silaban, seorang arsitek asal Indonesia, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Di sekitar Monas terdapat taman yang luas, yang sering dijadikan tempat untuk berjalan-jalan atau bersantai.

Sejarah Monas

Monas terdiri dari sebuah patung setinggi 137 meter yang terletak di atas sebuah pilar tinggi tiga lantai. Di dalam pilar terdapat sebuah museum yang menyimpan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Monas merupakan simbol nasional Indonesia yang paling terkenal, dan sering dijadikan lokasi untuk berbagai acara nasional dan internasional.

Apa saja yang dapat dilihat di dalam Monas ?

Di dalam Monas terdapat museum yang menyimpan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Anda dapat melihat berbagai macam benda seperti foto, dokumen, dan barang-barang peninggalan dari periode sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia. Selain itu, di dalam Monas terdapat juga sebuah ruang yang didedikasikan untuk mengenang Bung Karno, yaitu Presiden pertama Indonesia yang merupakan tokoh utama dalam perjuangan Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Di lantai atas Monas, terdapat sebuah observatorium yang menawarkan pemandangan yang indah ke seluruh kota Jakarta. Anda dapat naik ke observatorium dengan menggunakan lift atau tangga.

READ  Golongan Darah O Memiliki Daya Tahan Tubuh Yang Kuat !

Apakah ada biaya masuk ke Monas?

Ya, ada biaya masuk ke Monas. Harga tiket masuk Monas tergantung dari jenis tiket yang Anda pilih. Berikut adalah daftar harga tiket masuk Monas yang berlaku saat ini:

  • Tiket masuk dewasa: Rp 25.000
  • Tiket masuk anak-anak (usia 6-12 tahun): Rp 12.500
  • Tiket masuk observatorium: Rp 50.000

Harga tiket masuk Monas tersebut belum termasuk biaya naik lift atau tangga ke observatorium, yang akan dikenakan tambahan sebesar Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Harap diingat bahwa harga tiket masuk Monas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sebaiknya cek harga tiket terbaru di situs web resmi Monas atau di kasir Monas sebelum membeli tiket.

Apakah Monas terbuka setiap hari? Kapan jam buka dan tutupnya?

Monas terbuka setiap hari, kecuali hari Senin. Jam buka Monas adalah pukul 08:00 pagi hingga pukul 15:30 sore. Monas akan menutup pintu masuk 30 menit sebelum jam tutup. Sebaiknya cek jam buka dan tutup Monas terbaru di situs web resmi Monas atau di kasir Monas sebelum berkunjung.

Harap diingat bahwa jam buka dan tutup Monas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Selain itu, Monas juga dapat ditutup sementara untuk keperluan pemeliharaan atau acara khusus.

READ  Mengenal Kesenian Gambuh Dari Bali