Pengertian Olahraga Secara Umum di Kalangan Indonesia

Olahraga adalah segala bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik secara kompetitif maupun rekreasional. Olahraga pada umumnya bertujuan untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sekaligus menghasilkan efek relaksasi pada orang yang melakukan olahraga tersebut dan hiburan pada orang yang menontonnya.

Macam macam olahraga di dalam kehidupan nyata

Saat ini ada berbagai macam olahraga yang bisa Anda praktikkan tergantung minat dan kebutuhan masing-masing. Namun, berikut beberapa contoh olahraga yang umum dilakukan:

Berlari. Lari merupakan salah satu olahraga kardiovaskular yang efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran jantung. Anda bisa berlari di luar ruangan atau di treadmill.
Sepeda. Bersepeda dilakukan di luar ruangan atau di gym dengan menggunakan sepeda stasioner. Olahraga ini membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot serta melatih sistem kardiovaskular.
Mandi. Renang merupakan olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh sehingga melatih kekuatan dan daya tahan otot. Olahraga ini juga low impact dan cocok untuk semua kelompok umur.
Yoga. Yoga adalah kombinasi gerakan tubuh, pernapasan, dan meditasi. Latihan ini membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan inti, keseimbangan dan relaksasi.
Angkat Berat. Angkat beban atau latihan kekuatan menggunakan beban atau beban tubuh untuk melatih dan memperkuat otot. Ini membantu meningkatkan kekuatan, kepadatan tulang dan metabolisme.
Aerobik. Aerobik adalah latihan yang melibatkan gerakan kardiovaskular berulang dan berintensitas tinggi. Ini membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular, pembakaran kalori dan kekuatan otot.
Ini hanyalah beberapa contoh olahraga yang populer, namun masih banyak lagi olahraga seperti bola basket, bulutangkis, senam dan masih banyak lagi.

READ  Bahaya Tato Permanen bagi Kesehatan Kulit dan Tubuh : Risiko Infeksi, Reaksi Alergi, dan Masalah Kulit yang Mungkin Terjadi!

Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh
Olahraga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh jika Anda melakukan aktivitas tersebut secara rutin. Lalu manfaat apa saja yang bisa didapat dari olahraga jika rutin melakukannya?

1. Menjauhkan berbagai penyakit
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Wiley Journal, olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Saat Anda berolahraga, tubuh Anda bisa bergerak lebih leluasa. Hal ini merangsang proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya, tubuh menjadi lebih sehat, kuat, dan tidak mudah terserang penyakit.

Tak hanya mencegah penyakit secara umum, tubuh yang aktif juga dapat mencegah risiko penyakit kronis. Aktivitas fisik dapat mengurangi percepatan penuaan biologis, meningkatkan kebugaran, dan mencegah sindrom metabolik, obesitas, dan resistensi insulin.

2. Memperbaiki postur tubuh
Berolahraga menggerakkan seluruh bagian tubuh Anda, sehingga meningkatkan fleksibilitas. Otot-otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak terlalu kaku. Olahraga sangat penting bagi anak untuk menunjang perkembangan postur tubuhnya.

Anak yang rutin berolahraga sejak kecil memiliki postur tubuh yang tegak dan tidak tersangkut saat berjalan. Fakta kesehatan dalam Journal of Physical Therapy Science menyebutkan bahwa postur tubuh yang tepat dapat mengurangi risiko nyeri punggung, bahu, dan sendi.

3. Merangsang pertumbuhan ideal
Saat tubuh stres untuk beraktivitas, kalori yang dikandungnya dibakar lebih maksimal. Kalori tubuh diubah menjadi energi secara keseluruhan, sehingga tidak menyisakan apa pun dan kemungkinan penumpukan lemak tubuh.

Selain itu, tubuh tercukupi nutrisinya agar proses tumbuh kembang dapat berjalan optimal.

READ  Rahasia Menggemaskan: Cara Membersihkan Gigi Bayi yang Benar untuk Senyum yang Sehat

4. Meningkatkan daya pikir
Rutin berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun juga berkontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir, khususnya pada anak. Aktivitas fisik yang teratur dapat memberikan otak Anda nutrisi yang cukup.

Hal ini memungkinkan otaknya berkembang secara teratur sehingga membantu proses belajar si kecil berjalan lebih maksimal. Pelajari lebih lanjut manfaat olahraga bagi kesehatan otak pada artikel: 9 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Otak!

5. Meningkatkan nafsu makan dan optimalnya sistem pencernaan
Olahraga dapat merangsang organ pencernaan untuk aktif. Organ pencernaan bekerja lebih maksimal untuk menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh.

6. Hindari risiko cedera
Tubuh yang aktif melindungi Anda dari risiko cedera saat melakukan aktivitas tertentu. Saat tubuh Anda terbiasa dengan latihan, fleksibilitas dan daya tahan otot Anda akan terlatih. Mengangkat beban berat atau tiba-tiba melakukan gerakan tertentu tidak akan menjadi masalah bagi Anda.

7. Meningkatkan sirkulasi darah
Olahraga juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih baik. Hal ini juga meningkatkan kinerja dalam aktivitas sehari-hari.

8. Menjaga kesehatan tulang dan persendian
Olahraga dapat menjaga kesehatan tulang dan persendian. Aktivitas fisik dapat meningkatkan produksi cairan pada persendian, sehingga membantu melumasi sendi. Kondisi ini membuat persendian menjadi lebih halus dan fleksibel.

9. Membantu menjaga kesehatan kulit
Kulit Anda dapat terpengaruh oleh tingkat stres oksidatif yang disebabkan oleh antioksidan tubuh yang tidak mampu sepenuhnya memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas. Kondisi ini dapat merusak struktur internal dan merusak kulit.

READ  Cara Merawat Tubuh Dengan Olahraga Setiap Hari

Olahraga teratur meningkatkan produksi antioksidan alami dalam tubuh. Kondisi ini dapat membantu melindungi sel, merangsang sirkulasi darah, dan menginduksi adaptasi pada sel kulit yang dapat membantu menunda penuaan kulit.

10. Mengurangi resiko penyakit
Mereka yang rutin berolahraga akan lebih sehat dan bugar. Kebugaran ini membuatnya tidak mudah terserang penyakit karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Jarang berolahraga juga meningkatkan risiko obesitas yang dapat membuat seseorang rentan terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular.

11. Temui komunitas yang sehat
Tak hanya manfaat kesehatan, rutin berolahraga juga dapat mendekatkan Anda pada komunitas yang sehat. Membangun masyarakat yang sehat dapat membuat seseorang menjadi lebih semangat dan memberikan pengaruh positif, sehingga kehidupannya lebih bermanfaat dan berkualitas.

12. Meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari
Tubuh yang bugar melalui aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Misalnya saja semudah menaiki tangga, berbelanja kebutuhan pokok di pasar, bahkan bagi orang lanjut usia pun seperti bermain dengan cucu.

Bagi lansia, olahraga teratur dapat meningkatkan kinerja fisik dan mengurangi risiko terjatuh atau cedera akibat terjatuh.

13. Merangsang kreativitas
Aktivitas fisik dapat membantu merangsang kreativitas. Karena aktivitas fisik tidak membuat Anda cepat stres, pikiran pun lebih segar. Hal positifnya adalah Anda memiliki ide-ide baru dan dapat mengimplementasikan sesuatu atau masalah dengan lebih cepat.

Aktivitas fisik juga dapat mempererat ikatan antar anggota keluarga. Baca lebih lanjut mengenai olahraga yang cocok untuk ayah dan anak.