Penyakit Pada Kucing Yang Bisa Tertular Ke Manusia

kucing merupakan hewan domestik yang banyak di jadikan sebagai peliharaan manusia. memelihara kucing tak sekedar memberinya makan, tapi tentu harus di jaga kebersihanya. sebab jika tak terawat dengan baik, ada sejumlah penyakit yang dapat di tularkan kucing ke manusia. penyakit menular ini rawan menyerang kesehatan manusia. untuk itu penting bagi kita yang suka memlihara kucing di rumah harus tetap menjaga kesehetan dan aman jika menjalin kontak dengan mu atau keluargamu.

berikut beberapa infeksi yang dapat di tularkan oleh kucing pada manusia :

1 . kurap 

kurap merupakan jamur. untuk kucing, infeksi ini menyebabkan bercak bersisik muncul di kulit. tetapi bercak tersebut mungkin tidak terlihat karena di tutupi dengan bulu. pada manusia kurap menyebabkan bercak bersisik, merah dan berbentuk cincin pada kulit.

2. salmonella 

kucing dapat menyebabkan salmonella ke manusia. infeksi ini dapat menyebabkan demam, sakit perut, diare dan gejala lainya pada manusia. kucing tidak memiliki gejala salmonella, jadi pemilik kucing mungkin tidak menyadari risikonya. kucing di anggap berisiko terkena salmonella dari burung yang mereka tangkap. hal ini juga dapat menyebar melalu makanan yang berkontaminasi.

3. infeksi cacing tambang

READ  Merasa Lelah dengan Hidup? Baca Ini, Semoga Membantu

hookwoorm adalah infeksi cacing tambang dan hidup di dalam usus kecil kucing. telur cari cacing tersebut umumnya keluar bersama fases hewan. manusia berisiko terinfeksi penyakit ini apabila terkena kontak dengan tanah yang mengandung cacing

4. toksoplasmosis

penyakit yang di tularkan kucing ini akibat dari infeksi parasit toxoplasma gondii. pada manusia, penyakitnya menular dari parasit kotoran kucing atau air yang terkontaminasi kotoran. infeksni ini berisiko demam, radang, pembengkakan kelenjar getah bening.

5. bartonellosis

atau cat scracth termasuk penyakit yang terpapar dari bakteri bartonella henselae semata manusia bisa tertular dari cakaran atau gigitan yang terinfeksi. jika terinfeksi maka timbul gejala pembengkakan kelenjar getah bening pada kepala, leher, lengan di sertai demam sakit kepala berat badan menurun dan hilang nafsu makan.

6. demam q 

demam q atau q fever yaitu penyakit karena bakteri coxiella burnetii. bisa di sembuhkan dengan antibiotik. jika terinfeksi sebaiknya konsultasi langsung pada dokter untuk menghindari efek kronis yang bisa menyerang jantung, paru-paru sampai ke otak.

dekat dengan kucing boleh saja. namun, kucing memiliki bakteri tertentu yang lain di mulutnya, yang menyebabkan penyakit gusi. sebagai predator, mereka juuga memakan hewan dan serangg yang mungkin menjadi sarang penyakit, untuk aman hindari mencium kucingmu. meski begitu kucing berisiko membawa kuman berbahaya yang menyebabkan penyakit bagi manusia bahaya bulu kucing bisa lebih berisiko pada anak bayi, anak yang di bawah umur 5 tahun, wanita hamil dan orang dengan sistem kekebakan tubuhnya rentah.