Sejarah Warna Bendera Indonesia yang Wajib Kamu Tahu !

Sejarah Warna Bendera Indonesia yang Wajib Kamu Tahu !

Mengenal Lebih Dekat Bendera Merah Putih Indonesia

Bendera Merah Putih menjadi simbol perjuangan dan kebanggaan bagi rakyat Indonesia. Namun, apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa bendera Indonesia memakai warna merah dan putih? Mari kita lihat sejarahnya.

Sejarah Penggunaan Warna Merah Putih di Indonesia

Penggunaan warna merah dan putih di Indonesia tidaklah baru. Di era masyarakat Jawa kuno, warna merah dan putih dianggap sebagai simbol pemersatu laki-laki dan perempuan. Sementara orang-orang Austronesia menganggap merah putih sebagai simbol langit dan bumi. Warna merah putih kemudian berkembang untuk keperluan peperangan, di mana Raja Jayakatwang dari Kerajaan Kediri menggunakan panji berwarna merah putih saat berperang melawan Kerajaan Singasari pada tahun 1292.

Di era kejayaan Kerajaan Majapahit, merah putih dijadikan sebagai lambang kebesaran. Hal ini terbukti dari Kitab Negarakertagama, di mana Mpu Prapanca menyebutkan di setiap upacara kebesaran Prabu Hayam Wuruk, selalu terdapat simbol warna merah dan putih. Penggunaan merah putih dalam perang juga terjadi saat Perang Aceh, di mana warna merah dan putih menjadi warna utama bendera perang dan umbul-umbul.

Sementara di daerah Bugis era sebelum Arung Palakka, warna merah putih yang diberinama Woromporang juga menjadi simbol kebesaran Kerajaan Bone. Sedangkan penggunaan merah putih dalam perang juga terjadi saat Perang Jawa yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro bergulir antara tahun 1825 sampai 1830. Diponegoro menggunakan panji merah putih saat melawan Belanda. Nah, karena konteks itulah warna merah dan putih kemudian menjadi simbolisasi perjuangan Indonesia.

READ  Membangun Kemampuan Interpersonal yang Baik

Pada tahun 1922, para pemuda yang tergabung dalam Perhimpunan Indonesia mengibarkan warna merah putih di Belanda. Ini juga memuncak ketika Sumpah Pemuda dideklarasikan pada tahun 1928. Partai politik seperti PNI yang didirikan oleh Soekarno juga mengadopsi warna merah putih. Ki Hajar Dewantara kemudian membentuk panitia untuk meneliti bendera dan lagu kebangsaan Indonesia. Bendera Merah Putih kemudian diputuskan sebagai bendera Indonesia dan dijahit oleh Fatmawati untuk dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Bendera Indonesia Tanpa Warna Merah Putih

Bagaimana jika bendera Indonesia tidak menggunakan warna merah dan putih? Meskipun besar kemungkinannya unsur merah putih akan tetap ada, variasi warna merah putih mungkin akan terlihat seperti bendera Majapahit yang mirip dengan dasar bendera Malaysia. Kemungkinan warna lain yang paling mungkin adalah hijau dan kuning muda.

Bendera Merah Putih Indonesia adalah simbol kebanggaan dan kemerdekaan. Sejarah panjang penggunaan warna merah putih di Indonesia menjadi bukti bahwa bendera ini bukan hanya simbol negara, tapi juga sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia.

Siapa yang menjahit bendera pertama Indonesia?

Fatmawati, istri dari Presiden pertama Indonesia, Soekarno, yang menjahit bendera pertama Indonesia. Bendera tersebut dikibarkan pada saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Bendera tersebut terdiri dari dua warna yaitu merah dan putih, dengan rasio 2:3. Ukuran bendera Indonesia saat itu sama dengan ukuran bendera Jepang yang pernah menduduki Indonesia. Bendera Merah Putih kemudian menjadi bendera resmi Indonesia dan diakui oleh dunia internasional.

READ  Sejarah Goa Sunyaragi Memiliki Mitos Kesakralannya Yang Menyimpan Kisah