Serupa Tapi Tak Sama, Perbedaan Aligator dan Buaya

Kalau membahas tentang aligator dan buaya pasti kebanyakan orang mengira bahwa dua hewan ini sama, terlebih lagi dengan fisik yang dimilikinya terlihat sama. kemiripan ini dikarenakan aligator dan buaya masih dalam satu kerabat dekat dengan ordo Crocodylia.

Jika dilihat sekilas kedua hewan ini memang memiliki kesamaan fisik yang mirip, yaitu kulit yang tebal dengan moncong tajamnya yang sangat mengerikan. Tetapi, jika diperhatikan dengan seksama aligator dan buaya memiliki banyak perbedaan yang cukup mencolok.

Menurut jurnal Pathology of Wildlife and Zoo Animals, ordo Crocodylia terbagi menjadi tiga keluarga, yaitu:

  • Alligatoridae (aligator)
  • Crocodylidea (buaya)
  • Gavialidae (gavia atau gharial)

Dilansir dari Live Science ordo Crocodylia sebenarnya mempunyai nenek moyang evolusioner yang sama. Tetapi, sekitar 80 juta tahun yang lalu, buaya berpisah dan melanjutkan perjalanan evolusi masing-masing. Lantas, apa saja perbedaan yang dimiliki aligator dan buaya? Yuk sama-sama simak ulasannya.

Perbedaa Moncong

Sekilas kedua hewan ini memang memiliki moncong yang sama. Namun, jika diperhatikan lebih dekat kedua hewan ini memiliki moncong yang berbeda.

Aligator memiliki moncong yang bentuknya lebih lebar seperti huruf U. Sedangkan buaya bentuk moncongnya runcing seperti huruf V.

READ  The Pros and Cons of Homeschooling: Exploring the Benefits and Drawbacks of Educating Your Children at Home

Perbedaan Bentuk Gigi

Moncong buaya akan terlihat seperti menyeringai  dan giginya terlihat saat menutup mulutnya. Hal ini dikarenakan buaya memiliki bentuk rahang bawah yang selalu menempel dibibir atas dan deretan gigi yang ada dirahang bawah buaya yang berada di luar garis mulut.

Sedangkan pada aligator saat menutup mulutnya, seluruh gigi dirahang bawahnya akan tersembunyi. Hal ini dikarenakan rahang bagian atas aligator lebih besar dibanding rahang bagian bawahnya.

Letak Organ Sensorik Pendeteksi Buruan

Aligator dan buaya sama-sama memiliki bintik hitam kecil yang disebut organ indra integumen (ISO) di kepala mereka. Organ sensorik ini yang memungkinkan predator untuk mendeteksi perubahan tekanan dalam air yang disebabkan mangsa potensial. Tetapi, letak sensor antara aligator dan buaya berbeda.

Menurut  Journal of Experimental Biology, aligator memiliki ISO dikepala dan di sekitar mulut. Sedangkan buaya memiliki ISO hampir disetiap tubuhnya.

Tulang Kaki

Kaki depan aligator memiliki tulang humerus yang lebih pendek dan kaki belakangnya memiliki tulang paha yang lebih pendek dibandingkan buaya.

Perbedaan Kecepatan

Ketika berada di darat kedua hewan ini sama-sama cepat. Mereka bisa berlari, namun hanya untuk jarak pendek saja atau saat mereka merasa terancam.

READ  Mengenal Pesona Pantai dan Warisan Budaya di Kota Hua Hin, Thailand

Antara aligator dan buaya memiliki perbedaan kecepatan. Aligator lebih unggul dalam kecepatan dibandingkan buaya. kecepatannya bisa mencapai 18 kilometer per jam. Sedangkan buaya hanya memiliki kecepatan maksimum sekitar 14 kilometer per jam.

Keunggulan dalam kecepatan yang dimiliki aligator tak hanya di darat saja. Namun, saat di air pun rupanya hewan satu ini lebih unggul dibandingkan buaya yang mana kecepatan maksimumnya adalah 32 kilometer per jam. Sedangkan buaya, kecepatan maksimumnya adalah 15 kilometer per jam.

Siapakah Yang Lebih Agresif?

Kedua hewan ini sama-sama berbahaya. Tetapi ternyata aligator lebih penakut dibandingkan buaya, karena mereka akan berusaha melarikan diri saat didekati manusia. Mereka akan menyerang manusia jika merasa terancam atau ketika anaknya diganggu.

Secara naluriah aligator memang takut terhadap manusia. Namun, beda halnya saat aligator dan manusia bertemu tanpa sengaja, karena rasa takut aligator pada manusia akan menghilang. Bahayanya lagi, saat aligator diberi makanan maka rasa takutnya kepada manusia akan hilang. Karena mereka menganggap manusia juga sumber makanannya.

Sementara buaya memiliki sifat yang mudah marah dan suka menyerang manusia tanpa alasan. Hewan ini memang tidak memiliki sifat yang ramah terhadap manusia, karena itulah banyak kasus yang terjadi diakibatkan buaya.

READ  Pentingnya Aloe Vera Bagi Kesehatan

Setelah membaca ulasan diatas kamu jadi mengetahui perbedaan antara aligator dan buaya. Jadi, kamu tidak lagi menyamakan antara aligator dan buaya walaupun sekilas mereka memang nampak serupa.