Siapa Nih Yang Memiliki Kepribadian Introvert ? Simak Kelebihan Dan Kekurangannya Ya

introvert adalah salah satu tipe kepribadian yang lebih fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaan secara internal. introvert cenderung lebih menyukai waktu bersama atau berdua. introvert lebih nyaman dan fokus ektika menghabiskan waktu untuk sendiri. namun beberapa orang tidak beranggap tipe kepribadian ini lebih tidak suka berhubungan sosial dan cenderung pendiam. seorang yang menjadi introvert memiliki kepribadian dan kekurangan diri sendiri dalam kehidupan sosial. introvert biasa di nilai sebagai sosok yang tertutup dan pemalu. introvert lebih suka sendiri untuk memulihkan energi mereka.

berikut kelebihan menjadi introvert :

1. lebih berhati-hati saat berbicara

seorang introvert akan lebih menjaga dirinya saat berbicara. biasanya saat berbicara ia akan langsung pada pokok pembahasan yang akan di ucapkan. ia juga berusaha semaksimal mungkin menjaga perkataan agar tidak melukai perasaan orang lain.

2. Fokus

seorang introvert memilii tingkat fokus yang sangat tinggi hal ini karena ia tidak mudah terganggu dengan hal-hal yang ada di sekitarnya. oleh karena itu, dalam mengerjakan sesuatu ia akan fokus dan lebih teliti.

3. kemampuan informasi

seorang introvert memiliki kemampuan informasi yang lebih besar di bandingkan orang lain. ia memiliki pengetahuan terhadap banyak hal walaupun tidak berbaur dengan teman-teman lainya. hal ini karena dia memiliki rasa ingin tahu yang besar. banyak hal-hal yang membuatnya membaca sehingga menambah pengetahuan yang di miliki.

READ  Penyebab Bau Badan Dan Cara Menghilangkannya

4. mereka biasanya pendiam

seperti pepetah “diam itu emas” hal ini sangat memberikan keuntungan pada seorang introvert. biasanya orang introvert lebih banyak melakukan aksi dari pada bicara. dengan pendiam, mereka juga terhindar dari berbagai masalah, karena tidak ingin ikut campur ke dalam permasalahan tersebut

berikut kekurangan dari introvert :

1. seorang introvert kurang beradaptasi dalam kegiatan di lingkungan sosial

biasnya selain tidak mau, orang lain jadi malas untuk mengajaknya karena ia pasti menolak

2. kesan pertama yang buruk

seorang introvert biasanya mendapatkan kesan yang buruk. hal ini karena sikapnya yang sulit atau tidak asyik saat diajak berbicara. orang introvert juga biasanya cuek sehingga orang lain bisa menilai sebagai orang yang sombong.

3. komunikasi verbal

introvert biasanya akan berhati-hati dalam berbicara. namun saat berbicara dengan orang lain, terkadang membuatnya merasa tidak nyaaman dan stres. jika hal itu terjadi, pembicaraan yang di lakukan menjadi tidak efektif.

4. tidak ada kenalan (jaringan)

seorang introvert biasanya tidak memiliki jaringan. hal itu membuatnya stres pada saat-saat tertentu karena tidak ada yang membantunya. kenalan juga sangat penting untuk mengetahui informasi, terutama untuk mencari pekerjaan.

READ  Ruangan Cepat Dingin: Ini Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menyalakan AC

kepribadian introvert biasanya cenderung misterius sehingga bikin orang di sekitarnya jadi penasaran. jadi, orang lain tidak mudah menebak pemikiran, rencana atau reaksi yang akan kamu pilih. selain itu orang introvert juga lebih selektif dalam mengungkapkan hal-hal yang sudah di siapkan.