Stres Berlebihan Menyebabkan Insomnia

apa itu insomnia ?

insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitaannya sulit tidur atau tidak cukup, meski terdapat cukup untuk melakukanya. gangguan ini bisa berdampak pada aktivitas penderitaan keesokan harinya. waktu tidur dan kepuasan seseorang setelah tidur mempengaruhi 8 jam tidur dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. waktu tidur tidak terlalu lama atau sedikit dapat menimbulkan gangguan, baik fisik maupun mental. namun, waktu tidur yang cukup juga tidak menjamin kondisi tubuh yang fit jika kualitas tidurnya tidak baik.

penyebab insomnia ialah kecemasan, stres, dan depresi adalah beberapa penyebab paling umum dari insomnia kronis. memiliki kesulitan tidur juga dapat membuat kecemasan, stres dan gejala depresi bertambah buruk. penyebab emosional dan psikologis umum lainnya termasuk kemarahan, kekhawatiran, kesedihan, gangguan bipolar ada trauma. insommnia merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang merasa kesulitan untuk tertidur, sering terbangun saat tidur, dan bangun terlalu dini. para penderita insomnia biasanya akan bangun dalam keadaan lelah, akibatnya aktivitas sepanjang hari menjadi terganggu. yang perlu kita lakukan untuk mengatasi insomnia pada umumnya bangun dan tidur dalam periode yang teratur, makan makanan yang mengandung rendah karbohidrat sebelum tidur, mengurangai konsumsi makanan atau minuman yang bersifat stimulasi yang dapat membuat kita terjaga seperti teh kopi, alkohol dan rokok.

READ  Relax and Unwind: The Benefits of Listening to Music

apakah insomnia berbahaya ?

menurut nation institute for health, insomnia meningkatkan risiko masalah kesehatan mental serta masalah secara keseluruhan. insomnia yang berkepanjangan dapan meningkatkan risiko berbagai penyakit pada fisik seperti stroke dan kejang kejang

penderitaan hanya bisa tidur selama 6 jam atau kurang, setidaknya 3 hari berturut-turut dalam 1 bulan atau lebih. tidak merasa bugar setelah tidur dan merasa lelah di siang hari memili waktu yang cukup. namun sebenarnya susah tidur ketika malam hari tidak selalu berarti kita mengalami insomnia. insomnia merupakan gangguan tidur di mana kita merasa ssangat sulit tidur, sulit untuk tidur nyenyak atau mengalami keduanya.

gejala insomnia

  1. terjaga di malam hari
  2. bangun beberapa kali di malam hari
  3. bangun lebuh awal dan sulit tidur  kembali
  4. merasa lelah setelah bangun tidur
  5. perubahan suasana hati seperti mudah tersinggung
  6. sulit untuk berkonsentrasi dan mudah lupa

obat yang ampuh untuk insomnia

  1. lelap
  2. antangin
  3. valdres
  4. blackmores excutice B
  5. nitrimax dreamZ
  6. supertin
  7. temazepan
  8. dumolid

adapun metode 4-7-8 atau teknik pernapasan 4-7-8 teknik bernapas yang dilakukan dengan cara menarik napas selama 4 detik, menahannya selama 7 detik, lalu menghembuskan selama 8 detik. teknik ini menciptakan oleh Dr Andrew Weil, seorang profesor di fakultas kedoktera university.

READ  Perang Inggris-Tiongkok: Sejarah Perselisihan di Hong Kong
dampak insomnia
  1. meningkatkan resiko terjadinya masalah kesehatan, seperti stroke, serangan jantung, asma kejang menurunkan kekebalan tubuh, obesitas, diabetes melitus, tekanana darah tinggi.
  2. meningkatkan resiko tinggi gangguan pada mental dan emosi
  3. mempengaruhi performa dalam berkerja, sekolah, atau kuliah
  4. mempengaruhi kegiatan atau kativitas sehari hari seperti mengemudi
  5. mempengaruhi kemampuan mengingat
  6. mempengaruhi dalam mengambil keputusan

agar kita tidak mengalai stres berlebihan jagalah kesehatan dengan cara berolahraga, melakukan kegiatan yang sesuai dengan kemampuan kerja, berpikir positif, dan tenangkan pikiran, karena penyebab stres berlebihan ialah rasa khawatir terhadap sesuatu, yang tidak memiliki banyak atau kendali dari situasi, dan tanggung jawab yang sangat berat tidak memiliki pekerjaan, aktivitas dan perubahan dalam hidup.