Sungai Terdalam Di Dunia Yang Harus Kamu Tahu

Sungai merupakan salah satu unsur penting di alam, yang berupa aliran air permukaan dari hulu menuju ke hilir. Karena itulah sungai memiliki manfaat yang sangat penting bagi keberlangsungan makhluk hidup.

Selain itu sungai juga memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Bahkan, ada sungai yang dijuluki sebagai sungai terdalam di dunia.

Lantas, sungai apa saja yang masuk kategori sungai terdalam di dunia? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Sungai Kongo

Sungai Kongo terletak di negara Republik Demokratik Kongo, yang mana sungai ini berada diurutan pertaman sebagai sungai terdalam di dunia. Kedalaman sungai ini mencapai 220 meter dan saking dalamnya sungai ini, hanya sedikit sinar matahari yang dapat menembus bagian dalam sungai.

Pada bagian hulu sungai ini berbahaya karena dipenuhi dengan jeram dan anak sungai, sedangkan pada bagian hilirnya berisi ngarai dan air terjun.

Sungai Kongo menawarkan keindahan yang memukau. Di sungai ini memiliki keunikan dari penghuninya, yaitu terdapat ikan-ikan aneh termasuk Goliath Tigerfish. Ikan Goliath Tigerfish memiliki gigi yang besar-besar dan tajam. Ketajaman gigi ikan ini selevel dengan gigi piranha, dan ikan Goliath Tigerfish mampu tumbuh hingga mencapai berat 45 kg.

READ  7 Gunung Tertinggi Di Dunia

Sungai Mekong

Sungai Mekong merupakan sungai yang terdapat di Asia Tenggara, bersumber dari Tibet dan bermuara di Laut Cina Selatan, tepatnya di Vietnam. Sungai ini masuk dalam kategori sungai terpanjang sekaligus terbesar di dunia.

Selain itu sungai Mekong masuk kategori sebagai sungai terdalam di dunia. Kedalaman sungai ini mencapai kurang lebih 100 meter dari permukaan.

Sungai Amazon

Siapa yang tak mengenal sungai yang berasal dari Amerika Selatan ini, yaitu Sungai Amazon yang bermuara dari pegunungan Andes di Peru hingga mengalir ke arah timur Brasil hingga bermuara di Samudera Atlantik.

Sungai ini masuk dalam kategori sebagai sungai terpanjang kedua di dunia. Namun, tak hanya sebagai sungai terpanjang, sungai ini juga menjadi salah satu sungai terdalam dunia. Sungai Amazon memiliki kedalaman mencapai 100 meter.

Sungai Yangtze

Sungai Yangtze merupakan sungai yang terletak di Tiongkok dan termasuk sungai terpanjang di Asia. Sungai Yangtze juga termasuk sungai terdalam di dunia, dimana kedalamannya mencapai 200 meter dari permukaan laut.

Sungai Zambezi

Sungai Zambezi yang terletak di Afrika sebelah timur, tepatnya melalui beberapa negara, seperti Zambia, Angola, Zimbabwe, dan Mozambik.

Sungai ini menjadi salah satu sungai terdalam di dunia, yang mana kedalamannya mencapai 180 meter dari permukaan.