Tak Perlu Takut Hitam, Inilah Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

Berjemur pada pagi hari memang dipercayai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karena berjemur dibaah matahari pagi bisa membantu produksi vitamin D secara alami pada tubuh. Vitamin D kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Karena itulah berjemur dibawah matahari pagi sangat baik untuk kesehatan. Namun,  manfaat berjemur di pagi hari tak hanya itu saja. Lantas, apa saja manfaatnya? Yuk simak informasinya disini.

Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

Durasi yang baik terkena paparan sinaran matahari pagi adalah 5-15 menit. Paparan sinar matahari ini juga tergantung dari usia, jenis kulit, kualitas udara, dan riwayat kesehatan. Berikut ini adalah manfaat kesehatan berjemur di pagi hari.

Mencegah Gangguan Pada Tulang

Berjemur di pagi hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang dihasilkan dari asupan vitamin D dan dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang, mengatur kalsium, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Perubahan tidur kerap kali terjadi disetiap orang. Padahal, tidur merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan demi kesehatan tubuh, dengan tidur nyenyak bisa bermanfaat dalam memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh sekaligus menjaga daya tahan.

Karena itulah sinar matahari berperan penting dalam menjaga pola tidur. Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian pada tubuh. Kondisi ini dapat membantu tubuh untuk mengantuk ketika matahari mulai terbenam.

READ  Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Berikut Tipsnya Untuk Anda!

Meningkatkan Mood

Dengan terkena paparan sinar matahai di pagi hari dapat meningkatkan produksi serotonin dalam otak. Serotonin merupakan hormon yang berperan dalam regulasi suasana hati dan perasaan bahagia. Hal inilah yang dapat membantu mengurasi risiko  depresi dan meningkatkan mood secara keseluruhan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sel darah putih dalam tubuh dapat meningkat dikarenakan paparan sinar matahari saat pagi hari. Sel darah putih ini merupakan komponen utama sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi serta menjaga tubuh tetap sehat.

Berpotensi Menurunkan Risiko Melahirkan Prematur

Dengan berjemur di pagi hari bisa menurunkan risiko terjadinya persalinan premature dan infeksi yang berhubungan dengan kehamilan. Hal ini disebabkan asupan vitamin D yang diperoleh tubuh pasca berjemur. Namun, ini masihlah menjadi perdebatan sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Dapat Mempercepat Penyembuhan Penyakit

Proses penyembuhan akan berlangsung cepat saat berjemur di bawah sinar matahari. Hal inilah yang membuat orang sakit dalam fase penyembuhan disarankan untuk berjemur di pagi hari. Sedangkan untuk bayi berjemur di pagi hari baik untuk penyembuhan flu dan batuk.

Itulah informasi seputar manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan. Namun, perlu diingat untuk kamu yang ingin berjemur pada pagi hari, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat berada di bawah sinar matahari.

READ  Rekomendasi Gunung Batukaru Untuk Pemula Ingin Mendaki