Tiga Pulau Terindah Di Tolitoli Menjadi Tempat Wisata

Sulawesi tengah memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah, salah satunya kota tolitoli. Tolitoli merupakan kota yang kecil yang banyak keindahan pulau pulau menjadi tempat wisata. Berikut tiga pulau yang paling sering di kunjungi para wisatawan.

Pulau Kapas

Pulau kapas merupakan salah satu pulau cantik yang menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun wisata dari luar kota hingga luar negeri, bagaimana tidak keindahan pulau ini sangat lengkap dengan keindahan alam pantai hingga di dalam lautnya. Pulau ini terletak di desa kapas, kecamatan Dakopemean atau Tolitoli Utara, jika mau ke pulau ini anda harus menaiki perahu dengan jarak ke pulau kapas dari pusat kota tolitoli dengan jarak yang kurang lebih 38km.

Pulau kapas ini memberikan pemandangan pantai dengan pasir yang indah, Ekosistem mangrove yang indah juga terdapat di Pulau Kapas. Selain itu, alam bawah laut perairan Sulawesi Tengah dapat dinikmati dengan malakukan snorkeling atau menyelam.

Nama Pulau Kapas tersebut berasal dari masyarakat setempat, Sebab posisi pulau itu berada di wilayah Desa Kapas yang tidak jauh dari daratan desa tersebut. Untuk menuju ke Pulau Kapas membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pelabuhan dermaga di Desa kapas, Jika ingin ke pulau tersebut, pengunjung dapat menggunakan kapal kecil yang telah disediakan di dermaga tentunya dengan harga harga terjangkau.

READ  Inilah Sosok Di Balik Boneka Ogoh-Ogoh

Pulau Salando

Pulau Salando, pulau kecil terdepan Indonesia di Sulawesi Tengah. Lihatlah perairannya yang biru jernih. Pulau ini merupakan salah satu pulau kecil terluar yang terletak di Sulawesi Tengah dengan berbentuk bukit batu yang terjal yang luasnya hanya sekitar 0,3km persegi. Pulau ini secara administratif terletak di Desa Kapas, Kecamatan Dako Pamean, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.

ukurannya yang ‘mini’ pulau ini hanya dihuni oleh penjaga pulau yang bertugas untuk menjaga mercusuar. air yang berwarna biru kehijauan, begitu bersih dan jernih melengkapi keindahan pulau tersebut. Untuk menuju ke Pulau Salando lebih baik lewat Desa Lingadan karena lebih dekat Walaupun sebenarnya pulau ini terletak di desa Kapan. Tidak ada fasilitas umum seperti kamar mandi, kamar ganti, penyewaan baju renang, penyewaan alat snorkeling.

Pulau Lingayan

Masuk pada objek wisata Pulau Lingayan pengunjung akan disambut rerimbunan hutan bakau yang asri. Pulau Lingayan atau sering disebut Lingian terletak di Desa Ogotua, Kecamatan Dampal Utara. Jika ingin pergi ke Pulau Lingayan, pengunjung harus menempuk jarak dari Kota Tolitoli sekitar 140 km atau 3 jam perjalanan.

Saat sampai di Pulau Lingayan, pengunjung dapat langsung menikmati keindahan bawah laut yang indah. Pulau yang hanya dihuni puluhan kepala rumah tangga itu juga memiliki pantai-pantai indah dan batu karang dengan tampilan eksotis. tempat wisata tersebut juga telah disediakan cottages untuk pengunjung.

READ  Kenali Sindrom Patah Hati dan Penyebabnya!!

Spot foto diatas jembatan dengan background hamparan laut yang luas menjadi salah satu ciri khas jika berkunjung di Pulau Lingayan.  Tak hanya itu, disana juga hidup habitat penyu sisi yang pada bulan-bulan tertentu akan naik ke pantai Pulau Lingayan untuk bertelur.

Diketahui, Pulau Lingayan merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Sebagian besar masyarakat yang bermukin di Pulau Lingayan adalah Suku Bugis, Bajo, Mandar, dan penduduk asli Ogotua yaitu Suku Dampal.

Masyarakat disana bermatapencaharian sebagai nelayan, namun ada juga sebagian petani rumput laut dan peternak sapi dan kambing. Nelayan di pulau itu dikenal sebagai penghasil ikan terbanyak untuk memenuhi kebutuha ikan di Kecamatan Dampal Utara dan sekitarnya bahkan hingga luar daerah Kabupaten Tolitoli. Kabupaten Tolitoli memiliki potensi wisata yang luar biasa, khususnya wisata bawah laut yang tidak kalah dengan daerah lainnya, seperti pulau Kabetan dan Lingayan, sehingga dengan adanya potensi sumber daya alam tersebut, pihaknya terus berupaya untuk mempromosikan sejumlah spot wisata yang ada di daerah ini.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli Nur Rahmasnyah kepada RRI mengatakan, Kabupaten Tolitoli memiliki potensi wisata yang luar biasa, khususnya wisata bawah laut yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Dirinya menambahkan, pengembangan wisata dinilai tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, namun diperlukan dukungan dari berbagai pihak, seperti pelaku usaha, media terutama masyarakat.