Tips Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tampak Sehat Dan Bercahaya

Memilik kulit yang sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang, terutama bagi kaum perempuan. Bahkan, dari mereka ada yang rela mengeluarkan uang yang tak sedikit demi memiliki kulit yang sehat. Jika menginginkan kulit yang sehat, tentunya harus butuh kesabaran dan juga konsisten.

Pemakaian skincare juga perlu diperhatikan, karena masin-masing orang memiliki jenis kulit yang berbeda, ada yang jenis kulitnya kering, berminyak, atau sensitif. Karena itu semuanya harus memilih jenis skincare yang sesuai. Jika kulit sudah terawat dengan baik maka lapisannya akan bekerja untuk melindunyi tubuh anda. Tetapi, jika kulit mengalami gangguan, maka kemampuan sebagai penghalang yang seharusnya efektif akan menurun.

Penyebab Permasalahan Kesehatan Kulit

Untuk mendapatkan kesehatan kulit yang sesuai anda juga harus mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesehatan kulit terganggung.

Tidak Menggunakan Sunscreen/Tabir Surya

Masih banyak juga orang yang kurang memperhatikan tabir surya/sunscreen untuk digunakan. Padahal dampak yang diberikan dari paparan sinar UV ini berakibat terjadinya gangguan elastin yang berfugsi membuat kulit kenyal dan mulus. Dampak lain yang ditimbulkan adalah munculnya keriput, bintik hitam, dan kanker kulit.

Menekan Jerawat

Ketika melihat jerawat yang timbul, tentunya tangan ingin terus menerus menekannya. Padahal, kebiasaan menekan jerawat ini akan semakin memperburuk keadaan wajah anda. Bahkan, jerawat akan semakin meradang, iritasi hingga infeksi

READ  Penyebab Kulit Belang dan Cara Mengatasinya: Panduan Lengkap

Polusi Udara

Seringnya terkena polusi dapat memengaruhi kesehatan kulit, yang berakibat penuaan kulit, peradangan, dan alergi yang dapat timbul akibat polusi udara. Untuk anda yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi tinggi, gunakan produk perawatan kulit yang bersifat antioksidan sebagai penangkal radikal.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Menggunakan Sunscreen Berbasis Mineral

Radiasi ultraviolet ini bersifat karsinogenik. Sinar UV merupakan penyebab utama terjadinya kerusakan kulit dan penyebab penuaan dini. Karena itu sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen. Penggunaan sunscreen ini, akan melindungi kulitmu dari paparan sinaran UV. Disarankan menggunakan sunscreen berbasis mineral dengan SPF 30 atau lebih.

Untuk anda terutama yang beraktivitas diluar ruangan, harus menggunakan sunscreen. Bahkan, sunscreen digunakan setiap hari dan jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen tiap 2 jam sekali sebanyak 2 ruas jari.

Mengonsusmsi Makanan Sehat

Makanan yang anda konsumsi setiap hari, ternyata berpengaruh juga terhadapt kesehatan kulit. Apabila memiliki kebiasaan makanan yang tidak sehat, mulai dari sekarang cobalah untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Seperti, perbanyak konsumsi sayur dan buah, demi mendapatkan kulit yang sehat dan cerah, perbanyak juga minum air putih agar kulit terhidrasi dengan baik. Hindari juga untuk mengonsumsi alkohol secara berlebih, karena dapat menyebabkan kulit tampak tua.

READ  Mengenal Lebih Dekat Brand Xiaomi, Brend Penghancur Harga Pasar

Suplemen Kolagen

Seperti tubuh yang membutuhkan protein, kulit juga membutuhkan kolagen. Dengan bertambahnya usia maka kolagen yang berada dalam kulit akan berkurang. Karena, itu meminum kolagen penuuh dengan asam amino dapat meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Vitamin C

Anda berkeinginan memiliki kulit berseri? Cobalah untuk memakai vitamin C, Kegunaan dari vitamin C untuk meratakan dan mencerahkan warna kulit. Vitamin C juga berfungsi memudarkan hiperpigmentasi, mencerahkan warna kulit, dan meningkatkan produksi kolagen dan elastisn

Kendalikan Stres

Pejuang kulit sehat, ayo mulai sekarang cobalah untuk tidak terlalu banyak pikiran. Karena hal ini dapat menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Stres menstimulasi produksi hormon penghasil lemak berminyak sehingga menutupnya pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Istirahat Yang Cukup

Kurangnya istirahat dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan lelah. Selain itu akan timbul kantung hitam pada mata dan membuat wajah terlihat lebih tua.