Waspada! Inilah Gejala Stres Yang Jarang Disadari

Stress merupakan salah satu kondisi mental yang hampir dialami oleh semua orang. Biasanya, kondisi ini akan terjadi jika seseorang melakuakan aktivitas yang sangat padat.

Tak sedikit juga orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami kondisi yang menunjukkan gejala stres. Lantas, apa saja sih gejala yang menunjukkan seseorang mengalami stress?

Merasa Terlalu Emosional

Saat senggang, kamu mungkin sering memikul banyak beban pikiran dan masalah yang mungkin tak bisa kamu bagikan dengan orang lain. Lama-kelamaan, beban pikiran tersebut turun ke perasaan dan membuat kamu menjadi emosional.

Mungkin kamu hanya menganggap bahwa sedang dalam keadaan rapuh, sehingga merasa emosional adalah hal yang wajar. Padahal, hal ini bisa jadi salah satu tanda stres yang tidak kamu sadari dan bisa menjadi cikal bakal gangguan mental dan emosional yang berkepanjangan.

Sensitive atau Lebih Mudah Marah

Hal-hal kecil mengganggu yang biasanya bisa kamu maklumi, kini dapat menyulut amarah dengan begitu mudahnya.

Kamu juga lebih sering melampiaskan amarah kepada orang-orang terdekat yang jelas menggambarkan bahwa kamu sedang stres dan terganggu stabilitas emosinya.

Mood Swing

Mood swing adalah kondisi saat kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan terasa begitu dekat, dimana ketiga hal tersebut terjadi secara bergantian dan tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

READ  Membangun Kemampuan Interpersonal yang Baik

Jika hal ini terjadi, mungkin ada yang salah dengan kondisi kesehatan mental kamu yang menjadi salah satu tanda stres yang tidak kamu sadari.

Hilang Arah dan Tujuan

Terkadang stres bisa membuat seseorang hilang arah dan tujuan. Nah, saat kamu merasakan perasaan hilang arah dan tujuan maka akan sirna pula kebahagiaan kamu dalam menjalani hidup.

Isolasi Diri

Tanda stress lainnya adalah menghindari orang lain, bahkan orang terdekat sekalipun. Nah, hal ini perlu kamu waspadai, mungkin saja sebagian orang berpikir ini akan mengurangi stress kamu.

Padahal, hal ini akan berpotensi membuat kamu semakin stres, karena kamu hidup dalam pikiran-pikiran negative.

Lebih Sibuk Dari Biasanya

Biasanya sibuk bukan berarti orang tersebut memang ada kesibukan. Namun, terkadang seseorang mengalihkan pikirannya dari masalah.

Dengan melakukan kesibukan ini akan menjadi jalan pintas untuk mengaliihkan pikiran demi mencegah terjadinya stress. Namun jika kamu terlalu sibuk justru akan berpotensi untuk mendatangkan stres dan gangguan emosional.

Itulah informasi mengenai tanda-tanda yang menunjukkan gejala stres. Nah, untuk kamu yang mulai memiliki gejala-gejala tersebut cobalah untuk menumpahkan keluh kesah yang kamu miliki.

Dengan menumpahkan keluh kesah atau mengeluarkan uneg-uneg kamu, ini bisa membantu untuk mengurangi stres yang sedang melanda dirimu.

READ  Memiliki Hobi: Apakah Dapat Membuat Hidup Lebih Bahagia?