Wisata Pantai Tebing Cluakan Di Tepus Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Cluakan adalah pantai tebing yang lokasinya tersembunyi di balik perbukitan dan persawahan. Di pantai ini, pengunjung tidak dapat berenang atau bermain air karena lokasinya yang berada di tebing dan berhadapan langsung dengan laut bebas. Di sekelilingnya, tumbuh banyak tanaman khas pesisir pantai seperti pandan laut dan cemara udang. Gugusan tebing-tebing menjadi pemandangan yang terlihat di pantai ini.

Daya Tarik

Wisata Pantai Tebing Cluakan di Tepus Gunung Kidul Yogyakarta merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Gunung Kidul juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Gunung Kidul juga terkenal akan Wisata Pantai Tebing Cluak’an di Tepus Gunung Kidul Yogyakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Seperti namanya, Pantai Tebing Cluak’an ini memang benar benar berada di tebing perbukitan. Jadi anda tidak bisa bermain air disini. hanya perlu berhati hati karena tempat ini minim pengamananya. Pantai Ngetun juga jarang dikunjungi wisatawan, jadi masih sepi dan tenang. Namanya saja terdengar unik bukan. Pantai ini masih bersih dan sepi tanpa ada wisatawan lain, serasa pantai milik pribadi.

READ  Tradisi Belale’an Dan Banyak Yang Mengetahui Sejarah Bercocok Tanam Masyarakat Madura

Di bawah tebing Pantai Cluakan terdapat sebuah penampungan air tawar yang muncul dari sela-sela tebing. Ada tangga bambu yang bisa digunakan untuk turun dan biasanya digunakan oleh warga sekitar. Ladang milik warga juga menjadi hal yang terlihat saat memasuki area pantai tebing ini.

Pengunjung akan dimanjakan pasir putih yang masih alami dengan deburan ombak yang menabrak karang dan pegunungan yang hijau dengan teduhnya pepohonan di sekitar pinggiran pantai. Sesekali anda berjumpa dan bertegur sapa dengan warga sekitar yang ramah. Jika kalian beruntung, bisa bertemu penyu yang naik ke daratan untuk bertelur pada musimnya.

Masih banyak juga, ikan-ikan yang dapat dilihat di pinggiran pantai serta para nelayan yang sedang memperbaiki jaring-jaring sehabis menangkap lobster yang akan diletakkan di pinggiran tebing dari Puncak Watu Bangku. Seperti namanya, Pantai Tebing Cluak’an ini memang benar benar berada di tebing perbukitan.

Untuk menuju ke Pantai Mbeling ini, jalan sudah bisa diakses kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, tetapi disarankan untuk membawa sepeda motor karena jika membawa mobil akan kesulitan. Jalannya merupakan jalan bersemen yang berkelok, naik turun, dan jalan yang sempit. Untuk sampai ke pantai ini, pengunjung akan melewati perkampungan dengan pemandangan hijaunya persawahan dan perbukitan. Tidak ada fasilitas yang tersedia di pantai ini karena memang belum dikelola oleh pemerintah.